Mengungkap Misteri Pembunuhan Lord Darnley, Benarkah Dilakukan oleh Ratu Skotlandia?

Kamis, 08 Agustus 2024 - 07:29 WIB
loading...
A A A
“Pembunuhan Lord Darnley adalah salah satu kejahatan paling terkenal yang belum terpecahkan dalam sejarah dan itu mengubah jalannya sejarah,” kata Profesor Williams.

Dan seperti yang dijelaskan olehnya dan Tn. Hardman, kehidupan Mary ditandai oleh pergolakan, pengkhianatan dan trauma.

Setelah suaminya dibunuh, Mary dipaksa turun tahta dan menghabiskan 20 tahun berikutnya dalam tahanan rumah. Ia kemudian dipenggal pada 1587 atas perintah Ratu Inggris Elizabeth I setelah terlibat dalam rencana pembunuhan terhadapnya.

Pada Desember 1542, Mary - yang saat itu baru berusia beberapa hari - menjadi Ratu Skotlandia setelah kematian ayahnya, Raja James V.

Dengan negaranya yang membutuhkan sekutu di tengah serbuan pasukan Raja Henry VIII, dia dikirim untuk menikahi calon Raja Francis II dari Prancis saat ia masih remaja.

Namun, ia meninggal pada 1560, hanya dua tahun setelah mereka menikah dan kurang dari 12 bulan setelah ia menjadi raja.

Jadi, Mary, yang berusia 18 tahun, kembali ke Skotlandia - tempat ibunya memerintah menggantikannya hingga kematiannya pada Juni 1560 - untuk merebut kembali tahtanya.

Ia memilih untuk menikahi Lord Darnley yang tampan sebagai bagian dari taktiknya untuk mengatasi penentangan para bangsawan Skotlandia terhadap kepulangannya.

Pada Juni 1566, tujuh bulan sebelum pembunuhan Lord Darnley, Mary melahirkan anak tunggal mereka, calon Raja James I dari Inggris (James VI dari Skotlandia).

Namun fakta bahwa ia telah menjadi ibu dari pewaris laki-laki membuatnya berisiko digulingkan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0833 seconds (0.1#10.140)