Mengungkap Misteri Pembunuhan Lord Darnley, Benarkah Dilakukan oleh Ratu Skotlandia?

Kamis, 08 Agustus 2024 - 07:29 WIB
loading...
A A A
“Jadi kita melihat Mary dikelilingi oleh rencana-rencana untuk menggulingkannya begitu ia melahirkan bayi. Kelihatannya mustahil bagi kita, bukan? Bahwa seorang wanita dewasa dapat digulingkan karena bayi yang bahkan tidak bisa duduk. Namun begitulah adanya,” kata Profesor Williams.

Salah satu pelaku utama adalah saudara tirinya, James Stewart. “Ia adalah dalang dari semua ini. Ia dalang. Ia telah mengendalikan banyak hal sampai Mary kembali dan ia benar-benar tidak suka disingkirkan,” ujar Profesor Williams.

Satu rencana 'besar' yang terjadi ketika Mary sedang hamil enam bulan dengan putranya. Dia sedang mengadakan pesta makan malam dengan teman-teman dan sekretarisnya, David Rizzio, ketika sekitar 50 bangsawan, termasuk suaminya, masuk.

Mereka menikam Rizzio dan menangkap Mary. Namun, Lord Darnley kemudian berubah pikiran dan membantu istrinya kembali berkuasa. Hal itu membuatnya menjadi 'pihak yang paling berpeluang' untuk menggulingkan Mary.

Dia tinggal di daerah Kirk o'Field di Edinburgh ketika dia menjadi sasaran. Barel-barel mesiu yang telah diletakkan di bawah tempat tidurnya diledakkan pada pukul 2 pagi pada tanggal 10 Februari.

Namun, tubuh Lord Darnley dan pelayannya, ditemukan di luar di kebun buah di dekatnya, tidak menunjukkan tanda-tanda cedera yang terlihat.

Darnley hanya mengenakan baju tidurnya, yang menunjukkan bahwa ia telah melarikan diri dari kamar tidurnya.

Sebagai ayah dari calon raja Inggris dan Skotlandia dan memiliki klaim atas takhta Inggris sendiri, Lord Darnley adalah orang yang sangat berkuasa.

Mary merasa putus asa dengan pembunuhan suaminya, tetapi keraguan awalnya tentang apa yang harus dilakukan membuat beberapa orang menduga bahwa ia telah membunuhnya.

Akhirnya, dia mengadili Lord Bothwell, tetapi ia dinyatakan tidak bersalah atas pembunuhan tersebut. Ia kemudian menyusun rencana untuk menikahi Mary dan kemudian berbagi kekuasaan dengan bangsawan lainnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0798 seconds (0.1#10.140)