Segini Kadar Gula dalam Satu Piring Nasi, Penderita Diabetes Wajib Tahu

Jum'at, 09 Agustus 2024 - 13:40 WIB
loading...
Segini Kadar Gula dalam...
Kadar gula dalam satu piring nasi penting untuk diketahui oleh mereka yang mengidap penyakit diabetes. Ini mengingat nasi merupakan makanan pokok. Foto/Shutterstock Papa Wor
A A A
JAKARTA - Kadar gula dalam satu piring nasi penting untuk diketahui oleh mereka yang sedang menurunkan berat badan atau mengidap penyakit diabetes . Ini mengingat nasi merupakan makanan pokok yang banyak dikonsumsi di Indonesia dan negara lainnya di Asia.

Satu piring nasi mengandung jumlah karbohidrat yang dapat memengaruhi kadar gula darah, terutama jika nasi tersebut adalah nasi putih. Dilansir dari Health Line, Jumat (9/8/2024), nasi terutama terdiri dari karbohidrat kompleks.

Karbohidrat ini akan dipecah oleh tubuh menjadi glukosa (gula) untuk digunakan sebagai energi. Proses pencernaan mengubah karbohidrat dalam nasi menjadi gula sederhana, yang kemudian dilepaskan ke dalam aliran darah.

Jumlah gula yang dihasilkan dari nasi dapat bervariasi tergantung pada jenis nasi dan seberapa banyak yang dikonsumsi. Rata-rata, satu porsi nasi putih sekitar 150 gram mengandung sekitar 40-45 gram karbohidrat.

Segini Kadar Gula dalam Satu Piring Nasi





Indeks Glikemik (IG) Nasi



Indeks Glikemik (IG) adalah ukuran seberapa cepat suatu makanan dapat meningkatkan kadar gula darah. Nasi putih memiliki IG yang cukup tinggi, sekitar 73-89, tergantung pada varietas dan cara memasaknya.

Ini berarti nasi putih dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang lebih cepat dibandingkan dengan nasi merah atau makanan lain yang memiliki IG lebih rendah.

Konversi Karbohidrat ke Glukosa

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1236 seconds (0.1#10.140)