10 Bahaya Operasi Plastik, Kerusakan Saraf hingga Hilang Ingatan

Minggu, 11 Agustus 2024 - 06:00 WIB
loading...
10 Bahaya Operasi Plastik,...
Popularitas operasi plastik terus telah meningkat. Namun, oplas mengandung banyak risiko dan efek samping serius. Foto/ shutterstock
A A A
JAKARTA - Popularitas operasi plastik telah meningkat selama bertahun-tahun. Dulunya hanya digunakan untuk tujuan rekonstruksi, namun penerapannya sebagai tindakan untuk memberikan perubahan estetika telah menjadikan intervensi bedah ini sebagai industri bernilai miliaran dolar.

Prosedur yang lebih baik dan lebih terjangkau menarik orang dari semua lapisan masyarakat untuk menjalani operasi dan mengubah bagian tubuh mana pun yang mereka pilih secara kosmetik. Namun, pertanyaannya tak hanya sekadar biayanya, tetapi harus dipahami bahwa operasi plastik mengandung banyak risiko dan memiliki efek samping yang serius.


Bahaya Operasi Plastik

1. Kehilangan ingatan
Sebuah studi 2020 menemukan hubungan antara implan payudara silikon dan kabut otak serta hilangnya memori. Breast implant illness (BII) atau penyakit implan payudara, yang biasanya menyerang wanita yang menjalani operasi pembesaran payudara, juga menyebabkan gejala lain, termasuk kelelahan dan nyeri otot.

BII diyakini disebabkan oleh reaksi peradangan di otak, yang dipicu oleh implan silikon. Gejala biasanya membaik dalam beberapa minggu setelah implan dilepas.

2. Melemahkan sistem kekebalan tubuh
Prosedur kosmetik dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda. Ini adalah situasi yang sangat menegangkan bagi tubuh Anda, yang berfokus pada penyembuhan dan pemulihan setelah operasi. Hal ini dapat melemahkan respons kekebalan tubuh Anda, membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi dan masalah kesehatan lainnya.

3. Gangguan autoimun
Sebuah studi pada 2019 menemukan hubungan antara wanita yang menerima implan payudara silikon dan kondisi autoimun, seperti artritis reumatoid. Data juga menunjukkan bahwa beberapa wanita mengalami kondisi yang cukup langka, termasuk sindrom Sjogren dan skleroderma.

4. Menyebabkan kerusakan saraf
Kerusakan saraf dapat terjadi akibat intervensi bedah, dan intervensi kosmetik tidak terkecuali. Untungnya, sering kali gejalanya bersifat sementara dan biasanya hilang dalam beberapa bulan. Perubahan sensasi puting susu (misalnya mati rasa, kesemutan, dll.), misalnya, telah dilaporkan pada wanita yang menjalani operasi pembesaran payudara.

5. Masalah kesehatan mental
Bedah kosmetik berdampak pada kesehatan mental Anda. Bagaimanapun, Anda mengubah penampilan Anda, yang dapat menyebabkan naik turunnya emosi. Dengan demikian, prosedur estetika dapat berdampak besar pada mereka yang memiliki riwayat masalah kesehatan mental.

Sebuah penelitian menemukan bahwa mereka yang memiliki riwayat masalah kesehatan mental lebih rentan secara emosional. Banyak dari individu ini menunjukkan ketidakpuasan dengan hasilnya, tidak bahagia dengan citra tubuh mereka, dan berjuang melawan kecemasan, depresi, gangguan makan, penyalahgunaan zat, dan perilaku melukai diri sendiri.

6. Gumpalan darah
Gumpalan darah merupakan risiko yang ada dalam banyak prosedur bedah, termasuk yang bersifat kosmetik. Yang paling banyak dilaporkan di antara pasien bedah plastik adalah venous thromboembolism (VTE), yang dapat berakibat fatal.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1748 seconds (0.1#10.140)