Enak Sambal Ulek atau Sambal Blender?

Kamis, 05 September 2019 - 11:32 WIB
Enak Sambal Ulek atau Sambal Blender?
Enak Sambal Ulek atau Sambal Blender?
A A A
JAKARTA - Bagi sejumlah orang, sambal yang dibuat dengan cara diulek terasa lebih nikmat dan sedap dibandingkan sambal yang diblender. Tak heran jika banyak orang memilih menghindari penggunaan blender saat mengolah sambal. Benarkah demikian?

Chef profesional, Yuda Bustara mengungkap, baik diulek atau diblender, sambal memiliki rasa yang sama. Namun, kenikmatan sebuah sambal bergantung pada teknik dan cara memasaknya yang tepat. "Nggak. Sama aja (ulek atau blender). Pedes yang diblender itu sama aja rasanya," kata Chef Yuda.

Membuat sambal dengan cara diulek dapat memanaskan cabai sehingga mengeluarkan minyak. Berbeda halnya dengan mengolah sambal dengan cara menggunakan blender yang harus kembali dimasak untuk menambah kenikmatan.

"Abis diblender, itu dipanaskan, ditumis dulu sampe minyaknya keluar dan busanya hilang," terangnya memberi tips.

Sementara, untuk bahan dasar yang digunakan sama seperti sambal pada umumnya. Namun, bisa disesuaikan dengan selera. Jika ingin tidak terlalu pedas, bisa menambahkan lebih banyak gula.

"Nggak ada tambahan bahan lain. Sesuai selera. Kalau saya suka sambal, merica sama bawang putih. Ayam geprek juga cuma itu bumbunya," tandasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3255 seconds (0.1#10.140)