6 Manfaat Daun Pinus bagi Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Berat Badan

Senin, 19 Agustus 2024 - 06:06 WIB
loading...
6 Manfaat Daun Pinus...
Tanaman pinus juga bermanfaat untuk kesehatan. Salah satunya bagian daun. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Pinus adalah salah satu tanaman yang kaya akan manfaat. Hampir semua bagian yang terdapat pada pohon pinus bisa digunakan. Baik untuk keperluan sehari-hari seperti bahan untuk membuat korek, kertas dan lainnya, hingga menjadi bahan dasar pengencer cat.

Tak hanya itu, ternyata tanaman pinus juga bermanfaat untuk kesehatan. Salah satunya bagian daun. Cara memanfaatkannya cukup mudah, yaitu dengan direbus hingga air matang, lalu minum air rebusannya. Selain itu, Anda bisa juga memanfaatkan minyak dari daun pinus yang diolah kembali hingga hanya tersisa minyaknya saja.

Berikut adalah 7 manfaat daun pinus bagi kesehatan.


Manfaat Daun Pinus

1. Meredakan Peradangan

Pohon pinus mengandung minyak yang disebut minyak Atsiri. Minyak atsiri memiliki banyak kegunaan, antara lain meredakan gejala peradangan pada kulit seperti jerawat, eksim, hingga rosacea. Selain itu, senyawa antiradang yang dikandung minyak ini juga dianggap ampuh dalam meredakan nyeri akibat artritis dan nyeri otot.

2. Menyehatkan Mata

Rebusan daun pinus atau teh daun pinus memiliki kandungan vitamin A. Sehingga, hal ini dipercaya dapat menjaga kesehatan kornea mata.

3. Tinggi Kandungan Vitamin C

Teh daun pinus mengandung vitamin C 4-5 kali lebih banyak dibandingkan jus jeruk. Bahkan, teh daun pinus sering dijadikan obat alami skorbut (penyakit akibat defisiensi vitamin C).

Selain itu penelitian dari Korea Selatan menemukan bahwa aktivitas antioksidan yang terkandung dalam teh daun pinus juga mirip seperti vitamin C.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Menurut berbagai sumber, daun pinus memiliki manfaat yang baik bagi jantung. Berdasarkan sebuah penelitian, teh daun pinus ternyata dapat mencegah oksidasi kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, karena mengandung senyawa antiradang, maka teh daun pinus dapat meminimalisir kerusakan jantung akibat polutan.


5. Mampu Tingkatkan Daya Ingat

Sebuah penelitian telah menemukan bahwa dengan mengonsumsi teh daun pinus mampu meningkatkan daya ingat seseorang. Selain itu, dengan konsumsi secara berkala, teh daun pinus juga bisa mengobati penyakit amnesia dan membantu memperbaiki koneksi saraf pada tubuh. Hal ini dikarenakan tingginya kandungan antioksidan pada daun pinus.

6. Menurunkan Berat Badan

Teh daun pinus ternyata juga bisa menurunkan berat badan. Hal ini dibuktikan melalui sebuah studi yang dilakukan di Korea Selatan, yaitu eksperimen pada orang obesitas yang diberi minum ekstrak daun pinus yang dicampur dengan teh hijau dan teh hitam. Nah, bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, ekstrak daun pinus ini bisa dijadikan booster Anda dalam menurunkan berat badan.

Itulah informasi terkait 6 manfaat daun pinus bagi kesehatan. Semoga bermanfaat! MG/Priscilla Waworuntu
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1994 seconds (0.1#10.140)