Apakah Kebiasaan Minum Manis Menyebabkan Cuci Darah?

Senin, 19 Agustus 2024 - 18:40 WIB
loading...
Apakah Kebiasaan Minum...
Kebiasaan minum manis telah menjadi bagian dari gaya hidup modern. Di mana banyak orang mengonsumsi minuman manis seperti soda, jus buah kemasan, teh manis. Foto/Eat This Not That
A A A
JAKARTA - Kebiasaan minum manis telah menjadi bagian dari gaya hidup modern. Di mana banyak orang mengonsumsi minuman manis seperti soda, jus buah kemasan, teh manis, kopi dengan tambahan gula, dan minuman berenergi.

Meskipun minuman manis dapat memberikan kenikmatan sesaat, dampak jangka panjangnya terhadap kesehatan sangat signifikan. Salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah apakah kebiasaan ini dapat menyebabkan seseorang harus menjalani cuci darah (hemodialisis).

Konsumsi minuman manis secara berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal yang sering kali membutuhkan cuci darah melalui beberapa mekanisme. Berikut hubungan minuman manis dan penyakit ginjal dilansir dari Medical News Today, Senin (19/8/2024).

Apakah Kebiasaan Minum Manis Menyebabkan Cuci Darah?





1. Peningkatan Risiko Diabetes


Konsumsi minuman manis secara berlebihan telah terbukti secara ilmiah meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Diabetes adalah kondisi di mana tubuh tidak dapat mengatur kadar gula darah dengan baik. Kadar gula darah yang tinggi secara terus-menerus dapat merusak pembuluh darah kecil di ginjal, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan ginjal.

2. Diabetes dan Penyakit Ginjal Kronis


Diabetes adalah salah satu penyebab utama penyakit ginjal kronis (PGK). Ketika pembuluh darah di ginjal rusak, ginjal tidak dapat menyaring darah dengan baik. Ini menyebabkan penumpukan limbah dan cairan dalam tubuh. Jika kerusakan ginjal terus berlanjut, PGK dapat berkembang menjadi gagal ginjal stadium akhir, yang memerlukan cuci darah atau transplantasi ginjal.

3. Tekanan Darah Tinggi


Kebiasaan minum manis juga dikaitkan dengan peningkatan risiko tekanan darah tinggi (hipertensi). Minuman manis sering kali mengandung fruktosa yang dapat merangsang produksi asam urat, yang pada gilirannya dapat meningkatkan tekanan darah. Hipertensi adalah faktor risiko utama lainnya untuk PGK. Seperti halnya diabetes, tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dapat merusak pembuluh darah di ginjal.

4. Sindrom Metabolik


Minuman manis berkontribusi pada pengembangan sindrom metabolik, suatu kondisi yang ditandai oleh kombinasi dari hipertensi, kadar gula darah tinggi, kelebihan lemak tubuh di sekitar pinggang, dan kadar kolesterol atau trigliserida yang abnormal. Sindrom metabolik secara signifikan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan penyakit ginjal.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2015 seconds (0.1#10.140)