Bau Ketiak Jadi Gunjingan di Sosmed, Ini Penyebab dan Cara Mencegahnya

Jum'at, 23 Agustus 2024 - 08:20 WIB
loading...
Bau Ketiak Jadi Gunjingan...
Bau ketiak belakangan menjadi gunjingan di sosmed. Kondisi ini masalah umum yang bisa mengurangi rasa percaya diri dan membuat seseorang merasa tidak nyaman. Foto/Social Citizen
A A A
JAKARTA - Bau ketiak belakangan menjadi gunjingan di sosial media (Sosmed). Kondisi ini adalah masalah umum yang bisa mengurangi rasa percaya diri dan membuat seseorang merasa tidak nyaman dalam berinteraksi sosial.

Meskipun sering dianggap sepele, bau ketiak bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan atau kebiasaan hidup yang perlu diperbaiki. Bau ketiak bisa berbau seperti bawang pada wanita dan keju pada pria.

Wanita cenderung berbau seperti bawang karena keringat mereka tidak mengandung sulfur. Sementara pria cenderung berbau seperti keju karena keringat mereka memiliki kandungan asam lemak yang lebih tinggi.

Kondisi ini umumnya dipicu oleh berbagai faktor dan bisa diatasi. Berikut adalah penyebab dan cara mencegah bau ketiak seperti dilansir dari Medical News Today, Jumat (23/8/2024).

Penyebab dan Cara Mencegah Bau Ketiak





Penyebab Bau Ketiak


1. Keringat dan Bakteri


Penyebab utama bau ketiak adalah kombinasi antara keringat dan bakteri. Kelenjar apokrin di ketiak mengeluarkan keringat yang mengandung protein dan lemak. Ketika bakteri di kulit memecah protein ini, mereka menghasilkan asam yang menyebabkan bau tidak sedap.

2. Makanan Tertentu


Beberapa jenis makanan seperti bawang putih, bawang merah, dan rempah-rempah kuat lainnya dapat menyebabkan bau ketiak. Zat dalam makanan ini bisa diekskresikan melalui keringat, menyebabkan bau yang tajam.

3. Kondisi Medis


Hiperhidrosis (produksi keringat berlebih) dan bromhidrosis (produksi bau badan berlebih) adalah kondisi medis yang bisa memperburuk bau ketiak. Selain itu, masalah metabolisme tertentu juga bisa menyebabkan bau badan yang kuat.

4. Kebersihan Diri yang Buruk


Kebiasaan tidak mandi secara teratur atau tidak membersihkan ketiak dengan baik dapat menyebabkan penumpukan bakteri dan sel kulit mati, yang akhirnya menyebabkan bau ketiak.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1445 seconds (0.1#10.140)