3 Alasan Covid-19 Dapat Menyerang Pria Lebih Parah ketimbang Wanita

Rabu, 26 Agustus 2020 - 15:35 WIB
loading...
3 Alasan Covid-19 Dapat Menyerang Pria Lebih Parah ketimbang Wanita
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 80% orang yang terinfeksi adalah silent carrier, tidak menunjukkan gejala atau gejala ringan. / Foto: ilustrasi/dok. SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Covid-19 , penyakit yang disebabkan virus corona baru (SARS-CoV-2) dapat menyerang siapa saja. Namun, data yang tersedia menunjukkan bahwa penyakit ini mempengaruhi orang dengan sangat berbeda -untuk beberapa, dimulai dengan batuk atau demam , untuk yang lain, dimulai dengan perubahan pada indera penciuman atau perasa.

(Baca juga: Studi: Cegukan Jadi Gejala Baru Covid-19 )

Penelitian telah menunjukkan bahwa sebanyak 80% orang yang terinfeksi adalah silent carrier, tidak menunjukkan gejala atau gejala ringan. Penelitian juga menemukan bahwa Covid-19 dapat menyerang pria lebih parah daripada wanita. Telah diamati bahwa pria cenderung lebih rentan terhadap infeksi, dan tingkat keparahan penyakitnya jauh lebih parah.

Data menunjukkan bahwa di seluruh dunia, lebih banyak pria meninggal akibat Covid-19 daripada wanita, dan penyebab potensial dapat berkisar dari biologi hingga kebiasaan buruk. Sementara, banyak penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa wanita dan pria sama-sama cenderung tertular infeksi virus corona, tingkat keparahan penyakit pada pria yang membuat para ahli bingung.

Secara umum diketahui bahwa pria memiliki insiden penyakit penyerta yang lebih tinggi seperti penyakit jantung, hipertensi, dan diabetes. Fakta bahwa pria lebih mungkin merokok daripada wanita dapat meningkatkan risiko penyakit parah akibat Covid-19.

Seperti dilansir Times Now News, Rabu (26/8), pria juga cenderung terlibat dalam perilaku berisiko seperti mengabaikan pedoman, tidak menanggapi gejala mereka dengan serius dan lainnya. Para ahli percaya bahwa alasan lain mungkin disebabkan oleh fakta bahwa wanita cenderung memiliki sistem kekebalan yang lebih kuat daripada pria. Pengamatan umum ini memang membantu dalam memahami kejadian infeksi, namun tidak menjelaskan tingkat keparahannya.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sekitar 63% kematian terkait Covid-19 di Eropa terjadi di antara pria. Data dari India juga menunjukkan bahwa ada disparitas rasio kematian hampir 65%, di mana 35% akibat Covid-19. Secara medis, ada berbagai teori yang telah dibahas menjadi penyebab bias gender ini. Tetapi keunggulan yang tampak dari wanita dibandingkan pria dalam tidak menyerah pada infeksi SARS-CoV-2 tidak sepenuhnya dipahami.

(Baca juga: Studi: Vegetarian Memiliki Kehidupan Seks yang Lebih Baik )

Namun, untuk membantu menjelaskan mengapa virus corona baru dapat membunuh lebih banyak pria daripada wanita, Dr Rahul Pandit, Direktur Perawatan Kritis, Rumah Sakit Fortis, Mulund, Mumbai menjelaskan apa yang diketahui para ahli sejauh ini tentang Covid-19 dan gender dengan tiga teori teratas adalah reseptor angiotensin converting enzyme-2 (ACE-2), estrogen dan testosteron yang mempengaruhi sistem kekebalan, dan predisposisi genetik. Dan berikut ulasan selengkapnya.

1. Keterikatan pada Reseptor ACE-2
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1591 seconds (0.1#10.140)