5 Destinasi Wisata Ramah Muslim di Indonesia, Juaranya Aceh

Minggu, 01 September 2024 - 16:20 WIB
loading...
A A A
Penghargaan tersebut tentunya tidak bisa dipisahkan dengan kelengkapan fasilitas yang ada di Lombok. Seperti 60 restoran bersertifikat halal, 8.456 masjid, dan 60 hotel bersertifikat halal. Ditambah lagi, Lombok memiliki 25 situs warisan Islam, 98 dari 161 atraksi ramah Muslim, 7 acara Islam, dan 11 paket tur wisata halal.



3. Jakarta


Jakarta masuk dalam posisi tiga. Salah satu keunggulannya tentu saja fasilitas yang lengkap di Jakarta. Bahkan, dalam World Halal Tourism Award 2016, Jakarta berhasil menyabet penghargaan World's Best Hajj & Umrah Operator. Tentunya keberhasilan ini menjadi pintu baru dalam menciptakan wisata ramah muslim di Jakarta.

Fasilitas hotel halal juga sangat lengkap di Jakarta. Terdapat 510 hotel dengan sertifikat halal dan 5 hotel tipe syariah. Jakarta juga memiliki 7.795 masjid, 20 situs heritage Islam, dan 19 atraksi ramah Muslim.

4. Kepulauan Riau


Salah satu faktor pendukung Kepulauan Riau berhasil masuk dalam daftar ini adalah adanya dua bandara internasional di Riau, 84 rute bis, dan juga area jalan sepanjang 1.374.004 KM.

Bukan hanya memiliki fasilitas lengkap dan terbaik, Kepulauan Riau juga dilengkapi dengan berbagai destinasi wisata berbasis ramah Muslim. Salah satu yang sering dijadikan tujuan wisata umat Muslim adalah Masjid Sultan Kepulauan Riau di Pulau Penyengat.



5. Sumatera Barat


Pada World Halal Tourism Award 2016, Sumatera Barat meraih tiga penghargaan, yaitu World’s Best Halal Destination, World’s Best Halal Tour Operator, dan World’s Best Halal Culinary Destination.

Sebagai bentuk keseriusan mengoptimalkan potensi wisata ramah muslim di Sumatera Barat, tentunya dibarengi dengan dibangunnya rumah ibadah di seluruh destinasi wisatawan. Kemudian, juga menambah beberapa tempat kuliner yang telah tersertifikasi halal.
(dra)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1210 seconds (0.1#10.140)