Riwayat Kesehatan Paus Fransiskus yang Membuatnya Pakai Kursi Roda

Kamis, 05 September 2024 - 12:00 WIB
loading...
Riwayat Kesehatan Paus...
Paus Fransiskus tampak memakai kursi roda selama berada di Indonesia dari 3-6 September 2024. Namun, kondisinya tidak menghalanginya melakukan kunjungan. Foto/Arif Julianto
A A A
JAKARTA - Paus Fransiskus tampak memakai kursi roda selama berada di Indonesia dari 3-6 September 2024. Namun, kondisinya tidak menghalanginya melakukan kunjungan sebagai bagian dari misi untuk mendekatkan diri kepada masyarakat.

Penggunaan kursi roda ini bukan hal baru, mengingat Paus Fransiskus yang kini berusia 87 tahun telah beberapa kali mengalami masalah kesehatan. Termasuk nyeri lutut kronis yang mengharuskannya mengurangi aktivitas fisik.

Meski begitu, Paus yang merupakan pemimpin tertinggi Gereja Katolik sedunia itu memastikan bahwa kunjungan apostolik di Indonesia tetap berjalan sesuai rencana tanpa ada perubahan signifikan dalam agendanya.

Dilansir dari The Guardian, Kamis (5/9/2024), Paus memiliki masalah lutut dan telah lama menderita linu panggul, kondisi saraf kronis yang menyebabkan nyeri punggung, pinggul, dan kaki.

Riwayat Kesehatan Paus Fransiskus yang Membuatnya Pakai Kursi Roda

Foto/Arif Julianto





Bahkan, ia pernah absen di beberapa agenda besar karena masalah kesehatannya. Salah satunya, acara keagamaan besar kebaktian malam tahun baru dan tahun baru pada bulan Desember 2020.

Pada 2022, Paus juga terpaksa sempat membatalkan perjalanan ke Lebanon, Republik Demokratik Kongo dan Sudan Selatan karena kesulitan untuk berjalan. Lalu di awal 2023, ia menjadwalkan ulang perjalanan ke Afrika dan pergi ke kedua negara tersebut.

"Saya akan mencoba untuk terus melakukan perjalanan dan dekat dengan masyarakat karena menurut saya itu adalah salah satu cara mengabdi, menjadi dekat," kata Puas saat itu.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1712 seconds (0.1#10.140)