7 Perubahan Kulit yang Menandakan Kanker Payudara, Salah Satunya Keluar Cairan dari Puting

Sabtu, 14 September 2024 - 14:20 WIB
loading...
7 Perubahan Kulit yang...
Perubahan pada kulit payudara sering kali menjadi salah satu tanda awal kanker payudara yang diabaikan. Penting untuk waspada dan memeriksakan diri ke dokter. Foto/Metro Hospitals
A A A
JAKARTA - Perubahan pada kulit payudara sering kali menjadi salah satu tanda awal kanker payudara yang diabaikan. Meskipun tidak semua perubahan kulit menandakan kanker, penting untuk waspada dan segera memeriksakan diri ke dokter jika Anda menemukan gejala.

Kanker payudara adalah salah satu jenis kanker yang paling umum di dunia, terutama pada wanita. Salah satu tanda awal dari kanker payudara adalah perubahan pada kulit di sekitar payudara. Beberapa faktor dapat meningkatkan risiko terkena penyakit ini dari usia, riwayat keluarga, mutasi gen, obesitas, hormon, hingga riwayat menstruasi.

Mengenali perubahan kulit ini sejak dini dapat membantu dalam diagnosis dan pengobatan yang lebih efektif. Jika Anda menemukan perubahan pada payudara, segera konsultasikan dengan dokter. Pemeriksaan dini sangat penting untuk meningkatkan peluang kesembuhan.

Berikut adalah perubahan kulit yang menandakan kanker payudara dilansir dari Medical News Today, Sabtu (14/9/2024).

7 Perubahan Kulit yang Menandakan Kanker Payudara





1. Kulit Berlesung atau Tampak Seperti Kulit Jeruk


Salah satu perubahan kulit yang paling sering terlihat pada kanker payudara adalah kulit yang berlesung atau tampak seperti kulit jeruk, yang dalam istilah medis disebut peau d’orange. Kulit di sekitar payudara atau puting dapat tampak lebih kasar, seperti tekstur kulit jeruk, dan bisa disebabkan oleh adanya cairan limfatik yang tersumbat akibat pertumbuhan tumor di dalam payudara. Kondisi ini sering kali menandakan jenis kanker payudara yang lebih agresif, seperti kanker payudara inflamatori.

2. Perubahan Warna Kulit


Perubahan warna pada kulit di area payudara bisa menjadi tanda awal kanker. Kulit bisa tampak kemerahan, keunguan, atau bahkan lebih gelap dari biasanya. Peradangan di jaringan payudara yang disebabkan oleh pertumbuhan sel kanker dapat memicu kemerahan dan pembengkakan di sekitar area tersebut. Jika perubahan warna ini tidak disertai dengan cedera atau penyebab lain yang jelas, penting untuk segera memeriksakannya.

3. Pembengkakan atau Penebalan Kulit


Kanker payudara juga dapat menyebabkan pembengkakan atau penebalan pada kulit payudara. Ini bisa membuat payudara terlihat lebih besar, asimetris, atau tampak lebih berat. Penebalan kulit ini sering disertai dengan rasa nyeri atau ketidaknyamanan, meskipun ada pula kasus di mana gejala ini tidak menimbulkan rasa sakit. Pembengkakan terjadi karena penyumbatan pembuluh darah dan limfa yang terpengaruh oleh sel kanker.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1241 seconds (0.1#10.140)