Labu Siam Bakar Bisa Menyembuhkan Asam Urat, Mitos atau Fakta?

Senin, 16 September 2024 - 17:20 WIB
loading...
Labu Siam Bakar Bisa...
Labu siam bakar dipercaya bisa menyembuhkan asam urat setelah sebuah unggahan video di media sosial mengungkap manfaat dari sayuran berwarna hijau itu. Foto/Health
A A A
JAKARTA - Labu siam bakar dipercaya bisa menyembuhkan asam urat setelah sebuah unggahan video di media sosial mengungkap manfaat dari sayuran berwarna hijau itu. Disarankan labu siam dikonsumsi pada malam hari sebelum tidur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Namun, belum ada penelitian mengenai labu siam bakar bisa menyembuhkan asam urat . Secara umum, labu siam tidak dapat menyembuhkan asam urat, tetapi dapat membantu mengurangi gejalanya dan mendukung pengelolaan kondisi ini.

Dilansir dari Times of India, Senin (16/9/2024), labu siam, terutama yang dimasak dengan cara dibakar, memiliki beberapa manfaat yang dapat membantu penderita asam urat. Berikut di antaranya.

Labu Siam Bakar Bisa Menyembuhkan Asam Urat, Mitos atau Fakta?





1. Mengurangi Peradangan


Kandungan antioksidan dan vitamin C dalam labu siam membantu mengurangi peradangan pada sendi akibat kristal asam urat. Hal ini dapat meredakan rasa nyeri dan bengkak pada persendian yang sering dialami oleh penderita asam urat.

2. Meningkatkan Ekskresi Asam Urat


Konsumsi labu siam, terutama yang dibakar tanpa minyak berlebih, dapat membantu meningkatkan ekskresi asam urat melalui urine. Ini berkat kandungan kalium dan serat yang mendukung fungsi ginjal dan proses detoksifikasi tubuh.

3. Mengontrol Kadar Asam Urat


Vitamin C dalam labu siam berfungsi mengurangi kadar asam urat dalam darah. Penelitian menunjukkan bahwa asupan vitamin C yang cukup dapat membantu mencegah serangan asam urat berulang.

4. Rendah Purin


Salah satu keuntungan besar labu siam adalah kandungan purinnya yang sangat rendah. Purin adalah zat yang diubah oleh tubuh menjadi asam urat, sehingga makanan rendah purin seperti labu siam sangat dianjurkan untuk penderita asam urat.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1559 seconds (0.1#10.140)