10 Tempat Wisata di Indonesia yang Terkenal Akan Mistis dan Mitosnya

Jum'at, 20 September 2024 - 22:05 WIB
loading...
A A A
Gunung Kawi sudah lama terkenal memiliki cerita mistis. Dulu, gunung ini kerap digunakan warga sekitar sebagai tempat pesugihan. Warga percaya bahwa hantu-hantu selalu bergantayangan di Gunung Kawi hanya untuk mencari tumbal.

Rupanya, tumbal yang digunakan para warga seperti pendaki, tujuannya untuk memenuhi persyaratan ritual gaib supaya warga mendapatkan kekayaan secara instan.

Lokasi: Desa Wonosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

8. Pantai Parangkusumo

10 Tempat Wisata di Indonesia yang Terkenal Akan Mistis dan Mitosnya

Shutterstock

Pantai Parangkusumo menjadi tempat wisata favorit wisatawan lokal maupun mancanegara. Pantai ini menawarkan pemandangan indah dengan pasirnya yang berwarna hitam kegelapan. Selain keindahan, pantai ini menyimpan mitos yang dipercayai warga setempat.

Mitos Pantai Parangkusumo sangat identik dengan salah satu sosok Ratu Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul. Warga percaya siapa pun yang datang ke pantai ini dengan memakai baju atau ornamen berwarna hijau bakal hilang sekejab dan tidak akan pernah ditemukan kembali.

Lokasi: Parangtritis, Kec. Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.


9. Fort Rotterdam

10 Tempat Wisata di Indonesia yang Terkenal Akan Mistis dan Mitosnya

iStock

Fort Rotterdam merupakan benteng yang dibangun sejak zaman penjajahan Belanda. Dulu, benteng ini digunakan sebagai pertahanan tentara Belanda. Bangunan tua ini menjadi saksi bisu pembantaian terhadap masyarakat Gowa di Sulawesi Selatan, yang berusaha merebut benteng tersebut.

Konon katanya, bagi pengunjung yang berswafoto akan terlihat penampakan sosok tentara Belanda dan kadang terdengar suara tentara gaib yang melakukan baris-berbaris di area bangunan ini.

Lokasi: Jl. Ujung Pandang, Makassar, Sulawesi Selatan.

10. Tjong A Fie Mansion

10 Tempat Wisata di Indonesia yang Terkenal Akan Mistis dan Mitosnya

iStock
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1119 seconds (0.1#10.140)