6 Cara Mengolah Buah dengan Rasa Asam

Selasa, 19 November 2019 - 14:31 WIB
6 Cara Mengolah Buah dengan Rasa Asam
6 Cara Mengolah Buah dengan Rasa Asam
A A A
JAKARTA - Terkadang membeli buah membutuhkan faktor keberuntungan. Meskipun Anda sudah memilih buah yang baik, namun tetap saja bisa mendapatkan buah dengan rasa asam atau sepat.

Jika sudah demikian, umumnya, buah dibuang karena rasanya yang asam atau sepat. Nah, sekarang ini, pastikan Anda tak langsung membuang begitu saja. Anda bisa mengolah buah asam tersebut menjadi hidangan nikmat. Berikut ulasannya seperti dikutip Endeustv.

1. Jadikan manisan
Buah-buahan dengan rasa asam atau sepet seperti mangga muda, salak, dan kedondong bisa diolah menjadi manisan. Dengan cara ini rasa asam dan sepat bisa berkurang karena penambahan gula. Anda cukup menambahkan buah dengan gula pasir dan diamkan hingga beberapa hari sampai buah mengeluarkan air. Bila sudah mengeluarkan air, tambahkan cabai rawit yang dihaluskan.

2. Jadikan selai
Buah yang asam juga cocok untuk dijadikan selai misalnya stroberi, nanas, kiwi, dan apel. Cara membuat selai buah juga sangat mudah. Anda perlu memasak parutan buah dengan gula dengan perbandingan sesuai selera. Agar selai buah lebih mirip dengan selai kemasan, tambahkan pectin atau gelatin nabati dan beberapa sendok air lemon. Cara ini juga membuat olahan buah menjadi tahan lama.

3. Jadikan campuran puding atau kue
Buah dengan rasa asam memang paling pas diolah dengan kue. Anda bisa menggunakan apel yang rasanya asam dengan tambahan gula dan kayu manis sebagai isian pie. Selain itu, stroberi, jeruk, dan kiwi juga cocok dijadikan campuran puding atau topping kue.

4. Jadikan setup buah
Setup buah juga menjadi salah satu cara untuk mengolah buah dengan rasa asam. Nanas, mangga, dan apel yang rasanya kecut bisa dimasak dengan gula dan air. Tambahkan kayu manis dan sejumput cengkeh. Tambahkan buah dengan air gula dan masak selama 2 menit saja. Sajian setup buah ini dapat disajikan dalam keadaan hangat atau sebagai campuran es.

5. Olah menjadi rujak buah atau salad
Rujak buah adalah salah satu jajanan yang populer di Indonesia. Anda bisa mengolah mangga muda, belimbing, dan kedondong yang rasanya asam menjadi rujak buah. Anda hanya perlu mengiris tipis atau menyerut buah dan campurkan dengan saus kacang yang pedas manis. Selain sebagai rujak buah, Anda juga bisa mengolah buah kecut menjadi salad buah. Saus salad yang dominan manis dan creamy akan membuat rasa buah yang asam menjadi lezat.

6. Gunakan sebagai sambal

Cara lain memanfaatkan buah kecut adalah dengan mengolahnya menjadi sambal. Sambal mangga muda, nanas, atau apel adalah salah satu olahan sambal yang populer di Indonesia. Rasa pedas, manis, asin, dan asam semuanya bercampur menjadi satu dan membuat makan menjadi semakin lahap.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4063 seconds (0.1#10.140)