Profil Abdee Negara, Gitaris Slank yang Sempat Masuk Ruang ICU

Selasa, 24 September 2024 - 21:40 WIB
loading...
Profil Abdee Negara,...
Profil Abdee Negara, gitaris Slank banyak dicari usai sang musisi sempat masuk ruang ICU. Foto/ Instagram
A A A
JAKARTA – Profil Abdee Negara , gitaris Slank banyak dicari usai sang musisi sempat masuk ruang Icu akibat masalah kesehatan.

Abdee Negara juga absen di Pestapora saat Slank tampil pada Jumat, 20 September 2024. Kabar kesehatan Abdee Slank ini pun memenuhi internet. Tentu ini tidak mengherankan, mengingat dia adalah salah satu musisi besar Indonesia. Karier bermusiknya pun telah dimulai sejak lama.

Profil Abdee Slank

Abdee lahir dengan nama lengkap Abdi Negara Nurdin. Dia lahir di Donggala, Sulawesi Tengah pada 28 Juni 1968.

Abdee merupakan anak ketujuh dari delapan bersaudara. Namanya dikenal sebagai public figure yang turut aktif bersuara dalam bidang politik. Maklum, Abdee Slank memang terlahir dari ayahnya yang merupakan seorang politikus Partai Persatuan Pembangunan, Andi Cella Nurdin. Ayahnya juga pernah menjadi anggota MPR.

Passion Abdee dalam dunia musik telah muncul sejak masih muda. Hal ini terbukti dari tergabungnya dia sebagai salah satu murid Sekolah Musik Farabi, salah satu sekolah musik di Indonesia milik produser, pianis, dan komposer musik ternama Indonesia, yaitu Dwiki Dharmawan.

Merasa cocok dengan instrumen gitar, Abdee mulai menjadikan gitar sebagai profesinya secara serius. Karier musiknya berawal pada 1988 hingga 1990, di mana fia berpindah-pindah dari satu band ke band lainnya, sebut saja Flash, Interview dan ENEMES. Band lainnya yang sempat dia singgahi yaitu DOR, Makhatana, KRS, dan ARJACO.

Pada 1991, Abdee sempat menjadi gitaris dari band bernama Badai yang kemudian bertransformasi menjadi /rif. Satu tahun kemudian, Abdee memutuskan untuk hengkang dari band tersebut.

Sebelum bergabung dengan Slank, Abdee tetap menjalankan bakat bermain gitarnya secara serius dengan menjadi session player alias musisi pendukung dari musisi-musisi terkenal lainnya. Hal ini dia lakukan dalam rentang 1990 hingga 1997.

Dengan ini dia sempat menjadi session player dari diva jazz tanah air, Ermy Kullit, legenda rock Indonesia, Arthur Kaunang dan salah satu gitaris legendaris di Indonesia, Gideon Tengker.

Karier musisi Abdee meroket di 1997, di mana tahun itu hingga saat ini fia aktif bersama Slank. Ia menggantikan Pay yang awalnya adalah gitaris Slank. Di album Slank yang ke-10 alias Virus, Abdee pertama kali ikut serta dalam proses mixing dan mastering dari lagu-lagu di dalamnya.

Sebagai gitaris legendaris Indonesia, Abdee merilis merek gitarnya sendiri yang dinamakan “Hardee HD-1 Eyes” (Abdee Signature Series. Ia juga memiliki mahakarya berupa efek gitar kreasinya sendiri yang diberi nama “The Eyes”.

Pada 2021, Abdee dipercaya menjadi Komisaris PT Telkom Indonesia, namun mundur pada 2024.


Biodata Abdee Slank

Nama Panggung: Abdee
Nama Asli: Abdi Negara Nurdin
Tempat, Tanggal Lahir: Donggala, 28 Juni 1968
Instrumen: Gitar
Agama: Islam

MG/Biandka Michelle Syawaleva
(tdy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0967 seconds (0.1#10.140)