6 Makanan Kaya Kalium untuk Menurunkan Darah Tinggi

Senin, 30 September 2024 - 07:00 WIB
loading...
6 Makanan Kaya Kalium...
Mengonsumsi makanan kaya kalium bisa membantu menurunkan darah tinggi penyebab berbagai macam penyakit. Makanan ini baik untuk penderita tekanan darah tinggi. Foto/Southern Living
A A A
JAKARTA - Mengonsumsi makanan kaya kalium bisa membantu menurunkan darah tinggi yang merupakan penyebab berbagai macam penyakit serius lainnya. Makanan ini baik untuk penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Kalium merupakan mineral penting bagi tubuh yang berperan penting dalam mengelola masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi . Kalium memungkinkan saraf merespons rangsangan dan otot berkontraksi. Hal ini dapat mengurangi efek natrium pada tekanan darah.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), meningkatkan asupan kalium dalam makanan dapat secara signifikan mengurangi tekanan darah pada orang dewasa. Kalium juga dapat meningkatkan kesehatan jantung, kesehatan tulang, serta fungsi otot dan saraf.

Berikut daftar makanan kaya kalium untuk menurunkan tekanan darah dilansir dari Times of India, Senin (30/9/2024).

6 Makanan Kaya Kalium untuk Menurunkan Darah Tinggi





1. Sayuran Hijau


Menurut Studi Kesehatan Harvard, brokoli, bayam, dan sayuran berdaun hijau lainnya merupakan pilihan yang tepat untuk mengendalikan tekanan darah dan mengelola berat badan. Makanan kaya kalium rendah kalori dan karbohidrat. Tiga cangkir bayam seberat 90 gram mengandung 11 persen dari kebutuhan harian.

2. Pisang


Pisang dikenal sebagai sumber kalium yang sangat baik dan sangat direkomendasikan untuk mengendalikan tekanan darah dan menambah asupan serat makanan yang sehat ke dalam pola makan Anda.

Buah ini merupakan pilihan yang sehat untuk mengendalikan tekanan darah dan mengelola berat badan. Buah-buahan, sayur-sayuran, dan biji-bijian juga dianggap sebagai sumber kalium yang baik.

3. Ubi Jalar


Ubi jalar mengandung 337 mg kalium per 100 gram dan dapat membantu mengelola tekanan darah selain meningkatkan fungsi ginjal. Ubi jalar merupakan gudang antioksidan, vitamin, dan serat yang dapat memberikan keajaiban bagi kesehatan pencernaan dan jantung.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1416 seconds (0.1#10.140)