Turunkan Kolestorel dalam 14 Hari, Tantangan untuk Cegah Penyakit Jantung dan Kardiovaskular

Kamis, 10 Oktober 2024 - 13:31 WIB
loading...
Turunkan Kolestorel...
Di momen World Heart Day yang baru lalu, Nutrive Benecol bekerja sama dengan Apotek K-24 menghadirkan program 14 Days Challenge. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Penyakit jantung dan pembuluh darah telah menyebabkan 17,3 juta kematian setiap tahun. Kondisi ini semakin serius dengan meningkatnya kasus serangan jantung pada usia muda.

Di Indonesia terdapat peningkatan prevalensi serangan jantung pada usia kurang dari 40 tahun, yakni 2% tiap tahun sejak 2000 sampai 2016.

Data Global Burden of Disease dan Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) 2014-2019 menunjukkan bahwa penyakit jantung merupakan penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Situasi ini semakin mengkhawatirkan dengan meningkatnya prevalensi serangan jantung pada usia muda.

Kolesterol jahat (LDL) yang menumpuk di pembuluh darah menjadi salah satu faktor utama penyebab penyakit jantung.

Dr. dr. Libriansyah, MM. Sp.PD, K-EMD, FINASIM dari Divisi Endokrin, Metabolik, Diabetes RSPAL dr. Ramelan Surabaya memaparkan, kolesterol adalah lemak penting yang diproduksi secara alami oleh tubuh untuk membantu produksi hormon, vitamin D, serta asam empedu untuk mencerna lemak. Namun, kolesterol akan menimbulkan masalah jika levelnya dalam
darah terlalu tinggi.



“Kadar kolesterol yang terlalu tinggi, terutama Low Density Lipoprotein (LDL), dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Sebaliknya, High Density Lipoprotein (HDL) berperan penting dalam membersihkan pembuluh darah dari kolesterol berlebih dan mengembalikannya ke hati untuk dikeluarkan dari tubuh," terang dr. Libriansyah.

"Selain LDL dan HDL, yang sering disebut sebagai “kolesterol jahat” dan “kolesterol baik”, ada juga trigliserida. Kadar trigliserida juga perlu dijaga agar tetap normal. Kombinasi kadar trigliserida dan LDL yang tinggi dengan HDL yang rendah, dapat menyebabkan pembuluh darah mengalami pembentukan plak sehingga risiko penyakit jantung dan stroke pun akan meningkat,” lanjutnya.

Guna membantu mengatasi persoalan ini, di momen World Heart Day yang baru lalu, Nutrive Benecol bekerja sama dengan Apotek K-24 menghadirkan program 14 Days Challenge. Program ini bertujuan meningkatkan awareness masyarakat tentang pola hidup sehat untuk mencegah risiko penyakit jantung, yang sejalan dengan program Kemenkes dalam aksi kesehatan kardiovaskular nasional.

Melalui program ini, para apoteker di Apotek K-24 area Surabaya dan sekitarnya diajak untuk mengikuti tantangan dengan mengonsumsi Nutrive Benecol selama 14 hari dan menjalani pemeriksaan kolesterol di awal dan akhir periode. Inisiatif ini tidak hanya bertujuan memberikan pengalaman langsung bagi apoteker terkait pengelolaan kolesterol, tapi juga agar mereka selalu mendukung upaya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pencegahan penyakit kardiovaskular dan risikonya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0914 seconds (0.1#10.140)