10 Tempat Wisata Hidden Gem di Jogja, Rekomendasi untuk Pemburu Destinasi Unik

Senin, 14 Oktober 2024 - 05:00 WIB
loading...
A A A
Kejernihannya memungkinkan Anda untuk melihat keindahan bawah laut tanpa perlu menyelam terlalu dalam. Terumbu karang yang masih terjaga dan beragam jenis ikan warna-warni menjadi atraksi utama bagi para snorkeler. Kombinasi pasir putih, air biru jernih, dan pemandangan laut lepas seakan menciptakan panorama pantai tropis yang memesona dan menjadikan Pantai Nglambor sebagai salah satu hidden gem terbaik di Yogyakarta.

Alamat: Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

6. Embung Nglanggeran

10 Tempat Wisata Hidden Gem di Jogja, Rekomendasi untuk Pemburu Destinasi Unik

Shutterstock

Embung Nglanggeran merupakan danau buatan yang dikelilingi perbukitan hijau sehingga menciptakan pemandangan menakjubkan, terutama saat senja ketika air danau memantulkan warna-warni langit sore. Embung ini tidak hanya berfungsi sebagai sumber irigasi bagi pertanian sekitar, tetapi juga telah bertransformasi menjadi destinasi wisata yang mempesona.

Anda dapat menikmati suasana tenang dengan bersantai di tepian danau, menyewa perahu kayuh untuk mengelilingi embung, atau sekadar menikmati embusan angin sejuk sambil memandangi aktivitas nelayan tradisional. Kehadiran warung-warung kecil yang menjajakan makanan dan minuman lokal menambah kenyamanan berwisata.

Alamat: Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

7. Desa Wisata Pentingsari

10 Tempat Wisata Hidden Gem di Jogja, Rekomendasi untuk Pemburu Destinasi Unik

Dispar DIY

Desa Wisata Pentingsari terletak di kaki Gunung Merapi. Tempat wisata ini menawarkan pengalaman unik untuk merasakan kehidupan pedesaan Jawa yang autentik.

Desa ini juga berhasil memadukan kearifan lokal dengan konsep ekowisata modern, menciptakan destinasi yang edukatif sekaligus menghibur. Anda dapat berinteraksi langsung dengan penduduk lokal, belajar tentang budaya Jawa, dan ikut serta dalam berbagai aktivitas tradisional seperti membatik, membuat jamu, atau belajar gamelan.

Tak hanya itu, keindahan alam pegunungan yang masih asri menjadi latar belakang menjadi sempurna untuk kegiatan outdoor seperti trekking atau bersepeda.

Anda memiliki berkesempatan untuk menginap di rumah penduduk dan merasakan langsung kehangatan hospitalitas Jawa. Desa Wisata Pentingsari bukan hanya menjadi contoh sukses pengembangan wisata berbasis masyarakat, tetapi juga menjadi wadah pelestarian budaya dan pemberdayaan ekonomi lokal.

Alamat: Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1596 seconds (0.1#10.140)