Apa Penyebab Gondongan? Kenali Gejala dan Pengobatannya

Senin, 28 Oktober 2024 - 20:20 WIB
loading...
A A A

Pengobatan Gondongan



Gondongan umumnya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu satu hingga dua minggu karena tubuh secara alami melawan infeksi virus. Meskipun begitu, ada beberapa cara yang dapat membantu mengurangi gejala dan mempercepat proses penyembuhan:

1. Istirahat yang Cukup


Istirahat adalah cara terbaik untuk membantu tubuh melawan virus. Hindari aktivitas berat hingga gejala mereda.

2. Kompres Dingin atau Hangat


Kompres dingin pada area pipi yang bengkak bisa membantu meredakan nyeri dan mengurangi pembengkakan. Sebaliknya, kompres hangat bisa digunakan untuk mengurangi ketidaknyamanan otot di area wajah dan leher.

3. Minum Banyak Cairan


Pastikan tubuh terhidrasi dengan baik. Minumlah air putih dalam jumlah cukup dan hindari minuman asam yang dapat memicu rasa nyeri pada kelenjar yang bengkak.

4. Konsumsi Makanan Lunak


Untuk mengurangi rasa sakit saat mengunyah, pilih makanan yang lembut dan mudah dicerna, seperti bubur, sup, atau makanan bertekstur halus.

5. Penggunaan Obat Pereda Nyeri


Obat seperti paracetamol atau ibuprofen dapat dikonsumsi untuk meredakan demam dan nyeri. Namun, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, terutama jika penderita adalah anak-anak.

6. Hindari Makanan dan Minuman Asam


Kandungan asam bisa merangsang kelenjar air liur sehingga menambah rasa nyeri di sekitar pipi. Hindari jus jeruk, cuka, atau makanan asam lainnya.

Pencegahan Gondongan



Cara paling efektif untuk mencegah gondongan adalah dengan vaksinasi. Vaksin gondongan biasanya diberikan dalam bentuk vaksin MMR (Measles, Mumps, Rubella) yang tidak hanya melindungi dari gondongan, tetapi juga campak dan rubella.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1522 seconds (0.1#10.140)