alexametrics

Kisah Sukses di Balik Album Bintang Lima Dewa 19, Ahmad Dhani dan Once Ribut

loading...
Kisah Sukses di Balik Album Bintang Lima Dewa 19, Ahmad Dhani dan Once Ribut
Album Bintang Lima band Dewa 19 menjadi album tersukses. Tapi, di balik itu semua, tidak ada yang menangka jika Ahmad Dhani dan Once sempat bersitegang. Foto/SINDOnews/Thomas Manggalla.
A+ A-
JAKARTA - Album Bintang Lima punya kenangan manis bagi band Dewa 19 lantaran tercatat sebagai album paling laris. Penjualannya mencapai 1,7 juta keping ketika itu. namun, di balik keberhasilan Bintang Lima, Ahmad Dhani yang merupakan pentolan Dewa 19 ini menyimpan cerita seru.

Menjelang tur konser 6 kota di Indonesia sebagai perayaan 20 tahun perjalanan album Bintang Lima, Dhani mengungkap bahwa album itu menjadi pertaruhan eksistensi Dewa 19 setelah ditinggal Ari Lasso. Pasalnya, Bintang Lima ditempati vokalis baru, yakni Once Mekel.

Itu sebab, Dhani mengemas album tersebut dengan ekstra hati-hati lantaran terintimidasi oleh ketakutan akan mati suri Dewa 19 pascaditinggal Ari Lasso. Semua kekuatan dan energi dicurahkan para personelnya secara optimal.



“Album ini dibuat dengan ketakutan besar kala itu karena tanpa vokalis Ari Lasso yang memutuskan untuk hengkang. Seperti lagu ‘Separuh Napas’, sebenarnya itu ditujukan untuk Baladewa (sebutan fans Dewa 19), dan lagu itu bukan lagu cinta. Dewa dirasa bukan seperti yang dulu. Sampai saya terbawa mimpi, Dewa manggung dengan Once lalu ditinggal penonton, sampai segitunya,” kata Dhani.
Kisah Sukses di Balik Album Bintang Lima Dewa 19, Ahmad Dhani dan Once Ribut

Apalagi proses pembuatan albumnya tak mudah. Musisi kelahiran Surabaya, 26 Mei 1972 ini mengaku sempat mengalami pertengkaran kecil dengan personel lain, dimana Once diminta untuk les vokal guna menyempurnakan penggarapan album Bintang Lima.

“Waktu itu saya ingat, kita berdua saya dan Once sempat berantem dan selisih pendapat karena saat itu saya Andra dan Tyo sempat memaksa Once untuk les vokal dan Once marah saat itu. Jadi, ada pertengkaran kecil lah, meski akhirnya Once mau belajar vokal untuk kebutuhan materi album ini,” tuturnya.

Once menimpali pernyataan Dhani bahwa pertengkaran yang terjadi antara dirinya dengan Dhani lantaran dia tak mau dipaksa untuk les vocal, meski dirinya ssudah lama tidak melakukan aktivitas menyanyi. (Baca juga: Dewa 19 Akan Gelar Tur 6 Kota, Jakarta Belum Masuk Jadwal).

“Soalnya saya waktu itu ada waktu 5 ½ tahun enggak pernah nyanyi karena bekerja di lembaga riset, meskipun sudah kenal banyak musisi sudah rekaman tahun 1991, tapi ada masa dimana saya enggak pernah nyanyi dan kebetulan Dewa waktu itu mau bikin album Bintang Lima dan memang musti latihan lagi karena enggak gampang,”ungkap Once.

Sebelum pertengkaran dimulai, Once memang mengaku sempat terbebani dengan posisinya menggantikan Ari Lasso yang memang sudah begitu populer. Bahkan, suami Rietma Dhanty Angelica Immaculata Tauchid berencana mundur dari posisi vokalis, apabila hasil penjualan album tidak sukses.

"Jujur waktu itu, saya memikul beban berat sebagai vokalis Dewa 19 dan kalau engak berhasil, saya juga kena dampaknya terkait kelayakan menggantikan Ari Lasso. Jadi, memang harus dipersiapkan semuanya dengan baik dan memang waktu album ini semua personel memiliki energi yang masih kencang dalam bermusik,” beber pemilik nama asli Elfonda Mekel ini. (Baca juga: Luncurkan Connect BTS, RM dkk Gandeng 22 Seniman Global).

Nyatanya, semua dugaan itu salah. Album Bintang Lima yang dirilis pada 2000 dan merupakan masa transisi anggota, justru laku keras dan menjadi album tersukses band asal Surabaya ini.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak