alexametrics

4 Trik Masak Sayur agar Tetap Segar

loading...
4 Trik Masak Sayur agar Tetap Segar
Proses memasak yang tidak tepat bisa merubah warna sayuran menjadi tak segar. Tentu saja hal ini bisa mengubah rasa dan mengurangi nafsu makan. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Selain rasa, penampilan yang menarik juga menjadi hal penting dalam menyajikan makanan. Jika makanan terlihat tidak enak dan layu, tentu dapat mengurangi nafsu makan. Pada sayuran misalnya. Proses memasak yang tidak tepat bisa merubah warna sayuran menjadi tak segar.

Tapi, tak perlu khawatir. Jika Anda yang ingin menghidangkan sayuran dengan rasa dan tampilan yang tetap segar, ada beberapa langkah praktis yang bisa dilakukan. Seperti dikutip Endeus, berikut ulasannya.

1. Gunakan sayuran segar
Cara yang paling dasar agar sayuran yang dimasak tidak berubah warna, adalah gunakan sayuran yang masih segar. Pilihlah sayuran yang masih segar dan tidak layu. Jika Anda memiliki menggunakan sayuran dari kebun, pastikan memetik sayuran hanya ketika akan mengolahnya sehingga sayuran masih dalam keadaan yang sangat segar.



Selanjutnya, segeralah untuk mengolah sayuran tersebut. Jika tidak ingin langsung mengolahnya, simpan sayur di lemari es. Akan tetapi jangan sampai menyimpannya lebih dari dua hari lantaran akan berubah warna.

2. Masukkan sayur pada saat yang tepat
Cuci sayuran dan bersihkan dari kotoran dan debu yang menempel. Beberapa penjual sayur terkadang menjual sayur beserta akarnya. Potonglah akar sayur sampai bersih. Sebaiknya cuci sayuran dengan air yang mengalir. Agar sayur tidak berubah warna saat diolah menjadi makanan, Anda harus tahu kapan waktu yang tepat memasukan sayur. Jika Anda ingin merebus sayuran, maka tunggu air sampai mendidih, baru sayur dimasukkan ke dalam rebusan air.

Jika merebus sayur dalam jumlah yang banyak dalam satu wadah, bisa memasukkan sayuran yang berwarna lebih muda terlebih dahulu, supaya warna sayuran tidak berubah. Sedangkan untuk menumis, pastikan bahwa bumbu yang ditumis sudah matang, kemudian masukkan sayuran.

3. Tambahkan garam

Garam merupakan bumbu yang digunakan pada hampir seluruh hidangan. Selain memberi rasa asin atau gurih, garam juga dapat membuat sayuran yang direbus tidaak berubah warna menjadi kecokelatan atau keruh. Akan tetapi, pastikan menambahkan garam sesuai kebutuhan agar makanan tidak menjadi asin. Sebaiknya garam dimasukan ke dalam wadah sebelum Anda memasukkan sayuran dan dimasukan setelah air mendidih.

4. Jangan terlalu lama memasak sayuran

Anda hanya perlu waktu sekitar dua menit untuk memasak sayuran. Jika terlalu lama, warna dan tekstur sayuran akan berubah. Pastikan untuk memasak sayuran dengan tekstur keras terlebih dahulu dan masukkan sayuran daun atau yang bertekstur lunak paling akhir. Cara ini bertujuan agar sayuran tidak hancur atau terlalu matang.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak