Eventori, Wadah Berkolaborasi Seluruh Pelaku Industri Hiburan

Minggu, 02 Februari 2020 - 21:31 WIB
Eventori, Wadah Berkolaborasi Seluruh Pelaku Industri Hiburan
Eventori, Wadah Berkolaborasi Seluruh Pelaku Industri Hiburan
A A A
JAKARTA - Kemajuan teknologi digital di era sekarang ini turut memberikan dampak yang cukup signifikan di dunia industri hiburan. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi tersebut, kini lahirlah sebuah platform e-commerce yang mampu memfasilitasi seluruh pelaku industri hiburan, termasuk para pengguna dari event organizer (EO), promotor, periklanan, maupun brand.

Dalam platform e-commerce yang diberi nama nama Eventori itu, mereka dapat bertemu dan berkolaborasi. "Itulah visi Eventori sebagai platform e-commerce yang akan memfasilitasi ekosistem dunia hiburan Indonesia. Visi ini lahir dari pengalaman para pendirinya yang datang dari berbagai latar belakang, seperti EO, promotor musik, brand management, manajemen artis, dan produksi TV," papar Co-founder dan Chief Communication Officer Eventori, Dadi Krismatono saat konferensi pers peluncuran Eventori di M Bloc, Jakarta, Minggu (2/2).

Dadi mengungkapkan bahwa sebagai EO, pihaknya kerap kesulitan dalam mencari talent saat terdapat event di daerah-daerah. "Seperti mencari tahu siapa MC yang keren di Malang, mana penari yang bagus atau band yang bisa diajak mengembangkan konsep untuk keperluan klien di suatu kota? Dengan Eventori, siapa tahu nantinya ada MC di Banyuwangi yang bisa naik kelas ke tingkat nasional," terangnya.

Eventori ini bisa dikatakan menjadi semacam database yang bisa digunakan banyak orang. Bagi user, database ini bisa untuk memenuhi kebutuhannya, sementara bagi talent dan pelaku industri pendukung entertainment seperti pengusaha sound system atau venue, terutama di daerah, bisa untuk memasarkan diri dan mencari peluang di panggung-panggung yang lebih luas.

Sedangkan fitur-fitur yang terdapat di platform Eventori antara lain booking platform, talent management, dan digital advertising. Di dalam fitur booking platform terdapat daftar talenta termasuk portofolio dan fee mereka. "Talenta mencakup penyanyi, penari, pesulap, MC, komedian, band atau kelompok seni tradisional. Selain itu, juga ada daftar pelaku produksi event seperti sound system, lighting atau multimedia dan masih banyak lagi terkait bisnis entertainment termasuk venue," ujar Chief Digital & Platform Eventori, Bambang Pangestu.

Pada bidang talent management, Eventori juga menawarkan pendampingan dan pengembangan bisnis bagi artis-artis yang bekerjasama dengan platform ini. Dalam waktu beberapa bulan ke depan, Eventori akan menggelar ajang pencarian bakat terbesar bertajuk Eventori Cari Artis dengan menggandeng salah satu TV swasta nasional.

"Eventori Cari Artis bukan talent search biasa, karena nantinya artis-artis pemenang akan didampingi oleh tim talent management yang selain terus mengasah bakat mereka, juga akan mengasah soft skill para artis. Bagaimana tampil di media, bagaimana mengelola media sosial, sampai masalah perencanaan keuangan dan legal. Kami siapkan tim kreatif untuk memikirkan strategi pengembangan para artis. Termasuk juga mencarikan job," papar Dedi.

Sementara itu, pada digital advertising, talenta yang tergabung di Eventori akan dilibatkan dalam produksi iklan dan kampanye media sosial. Mereka juga akan dihubungkan dengan kalangan periklanan dan brand sebagai artis yang sudah terasah dari sisi profesionalitas.

"Namanya teknologi itu berkembang, platform ini juga bisa terus dikembangkan, apakah menjadi media, atau platform kampanye media sosial karena artis sangat berpeluang menjadi influencer. Yang penting, platform ini sekarang bisa menghubungkan bakat-bakat Indonesia yang selama ini masih tersebar dan belum punya peluang untuk naik kelas," terang Bambang Pangestu.

"Platform ini akan kami kembangkan menjadi aplikasi yang akan kami luncurkan berbarengan dengan dimulainya Eventori Cari Artis," lanjutnya.

Dadi menambahkan apabila banyak talenta dan profesional di daerah terhubung dengan platform yang memberi mereka banyak peluang maka industri akan tumbuh. Dengan tantangan yang makin berkembang dari permintaan user, kualitas para talenta dan profesional juga akan naik.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5863 seconds (0.1#10.140)