Spirit of Indonesia, Mahkota Baru Miss Indonesia 2020

Rabu, 12 Februari 2020 - 21:24 WIB
Spirit of Indonesia, Mahkota Baru Miss Indonesia 2020
Spirit of Indonesia, Mahkota Baru Miss Indonesia 2020
A A A
JAKARTA - Yayasan Miss Indonesia secara resmi meluncurkan mahkota baru Miss Indonesia pada Rabu (12/2). Mahkota yang nantinya akan diberikan kepada Miss Indonesia 2020 terpilih itu berbeda dari mahkota sebelumnya. Mahkota baru ini memiliki desain dan konsep yang lebih menarik, serta arti yang mendalam.

(Baca juga: Malam Puncak Miss Indonesia 2020 Digelar 20 Februari )

Setelah menggunakan mahkota dengan konsep Persatuan Indonesia selama tiga tahun, kali ini Yayasan Miss Indonesia menggandeng UBS Gold untuk membuat mahkota baru bertajuk Spirit of Indonesia. Mahkota ini terinspirasi dari theme song Miss Indonesia ciptaan Chairwoman of Miss Indonesia Organization, Liliana Tanoesoedibjo.

"Konsep baru terinspirasi dari theme song Miss Indonesia yang diciptakan oleh Bu Liliana, Ku Ukir Dunia. Lagu itu janji Miss Indonesia ketika jadi Miss Indonesia, dia harus tidak menyianyiakan energinya sehingga punya semangat juang untuk di kancah dunia," kata Creative Director UBS Gold, Erwin Suganda saat jumpa pers di MNC Studios, Kebon Jeruk, Jakarta, Rabu.

"Kita cari arahan ke Ibu (Liliana). Kita mau gimana kira-kira, ada referensi. Ibu kepengin something different. Mungkin biasanya putih, terus something color dan kita diskusi inspirasinya apa dan lagu, semangat Miss Indonesia dan meaning-nya dalam. Artinya sebuah janji dan dinyanyiin saat terakhir dan Miss World juga. Tahun lalu Persatuan Indonesia ke kancah dunia tapi sekarang janji dan semangat juang Indonesia. Itu sangat Indonesia," sambungnya.

Lebih lanjut, Erwin memaparkan, mahkota tersebut dibuat dari emas putih 14 karat dan swarovski zirconia. Melalui mahkota ini pihaknya ingin menggambarkan secara puitis sosok Miss Indonesia. Menariknya, jika dilihat secara detail, mahkota baru Miss Indonesia 2020 ini menyerupai bunga melati yang melingkar dan mekar dengan makna yang dalam.

"Kita dari UBS menggambarkan secara puitis sosok Indonesia. Putih tulangku, merah darah yang mengalir, suci hatinya seperti bunga melati dari khas Indonesia. Mahkotanya ada bunga melati melingkar jadi ronce melati dan dia mekar. Itu gambar dari mahkota, suci dan semangat juangnya yang tidak pernah padam sehingga terciptalah spirit Miss Indonesia 2020," ungkap Erwin.

"Setelah melewati proses diskusi yang panjang, kami sepakat untuk memadukan warna putih dan merah, karena memang warna-warna ini memiliki makna filosofis," tambahnya.

Tak tanggung-tanggung berat mahkota yang dibuat selama 3 bulan ini mencapai 1 kilogram. Diungkapkan Erwin, berat ini sama seperti mahkota yang dikenakan Ratu Inggris yang dapat dijadikan sebagai pengingat bahwa seorang Miss Indonesia memiliki tanggung jawab yang besar.

"Hampir sama Ratu Inggris imperial, 1kg. Itu ada pepatah bahasa Inggris yang artinya menggunakan mahkota berat itu bahwa tanggung jawabnya besar, tidak cuma cantik-cantikan tapi memiliki tanggung jawab besar," pungkasnya.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9032 seconds (0.1#10.140)