Finlandia Negara Terbahagia di Dunia Menurut PBB

Minggu, 22 Maret 2020 - 16:35 WIB
Finlandia Negara Terbahagia di Dunia Menurut PBB
Finlandia Negara Terbahagia di Dunia Menurut PBB
A A A
JAKARTA - Selama tiga tahun berturut-turut Finlandia dinobatkan sebagai negara terbahagia di dunia oleh PBB. Tak hanya itu, negara di benua Eropa ini juga dinilai lebih siap menghadapi wabah corona ketimbang Amerika Serikat sekalipun.

Kemampuan Finlandia dalam menghadapi wabah corona menjadi salah satu pertimbangan utama PBB untuk menetapkan negara ini sebagai yang terbahagia di dunia. Hal itu terlihat dari data dan fakta yang mengemuka di negara tersebut belakangan ini.

Hingga 20 Maret 2020, Finlandia mengonfirmasi ada 450 kasus COVID-19 di negaranya. Pada awal pekan lalu, negara ini juga sudah memberlakukan kebijakan guna mencegah penyebaran virus antara lain dengan menutup sekolah dan perguruan tinggi, melarang acara yang melibatkan kumpulan lebih dari 10 orang, menangguhkan kunjungan orang ke rumah sakit, serta menutup perbatasan negara untuk perjalanan yang tak perlu hingga 13 April mendatang.

Berdasarkan UN World Happiness Report 2020, kepercayaan pada sesama warga dan institusi publik menjadi elemen penting di Finlandia.

"Masyarakat di sana lebih kuat menghadapi semua tantangan yang menyangkut persoalan well-being. Seperti penyakit, diskriminasi, ketakutan akan bahaya, pengangguran, dan rendahnya pendapatan," tulis report tersebut, seperti dikutip dari laman Business Insider.

Warga Finlandia, menurut report itu, bisa saling bergantung satu sama lain, juga pada institusi publik. Hal ini membuat penduduk di negara yang masuk wilayah Nordic tersebut tidak merasakan penderitaan dan dapat memberi manfaat bagi banyak orang.

Tak hanya itu, report yang merangking 156 negara berdasarkan tingkat kebahagiaan penduduknya ini juga menyebut Finlandia sebagai negara yang mampu mengatasi segala jenis persoalan, mulai bencana alam hingga krisis ekonomi, berkat kekompakan warganya dalam bekerjasama.

Di samping Finlandia, empat negara Nordic lain yaitu Denmark, Norwegia, Swedia, dan Islandia, juga berada di peringkat top 10 negara terbahagia di dunia di tahun 2020. Sementara negeri adidaya, yakni Amerika Serikat, hanya ada di peringkat ke-18.
(tsa)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4090 seconds (0.1#10.140)