alexametrics

Cara Mengelola Tiroid Secara Alami

loading...
Cara Mengelola Tiroid Secara Alami
Tiroid merupakan kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak pada leher. Foto/Websternaturopathic.com
A+ A-
JAKARTA - Tiroid merupakan kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak pada leher. Tiroid mampu menghasilkan beberapa hormon yang berdampak pada fungsi metabolisme, pertumbuhan rambut, siklus menstruasi, dan kebutuhan energi dalam tubuh.

Ketika ada produksi hormon tiroid yang abnormal, maka akan muncul gangguan tiroid pada tubuh.

Ada dua jenis kelainan tiroid, yaitu hipertiroidisme dan hipotiroidisme. Hipertiroidisme terjadi ketika kelenjar tiroid menghasilkan hormon berlebihan, sedangkan hipotiroidisme terjadi karena kelenjar tiroid tidak menghasilkan cukup hormon tiroid.



Berikut adalah cara alami untuk mengelola tiroid seperti dikutip dari laman Boldsky.

1. Lakukan diet sehat.

Diet seimbang dengan mengonsumsi buah dan sayuran berwarna yang mengandung antioksidan, produk susu rendah lemak, dan biji-bijian dapat membantu mengelola gangguan tiroid. Anda disarankan rutin makan kacang polong, biji wijen, ikan tuna, telur, susu, dan keju.

2. Makan makanan bebas gluten.

Gangguan tiroid sering disertai dengan penyakit celiac karena gluten yang kita konsumsi merusak lapisan usus, sehingga mengganggu hormon dan menyebabkan peradangan.

3. Batasi asupan gula.
Konsumsi gula berlebihan sangat berbahaya jika Anda memiliki gangguan tiroid karena dapat menyebabkan peningkatan peradangan dalam tubuh.

4. Makan makanan kaya probiotik.

Mengonsumsi makanan probiotik seperti yogurt atau keju yang mengandung bakteri aktif dapat membantu perut dan usus Anda tetap sehat.

5. Makan makanan kaya yodium.
Yodium adalah salah satu mineral penting yang digunakan oleh kelenjar tiroid untuk menghasilkan hormon tiroid untuk membantu mengendalikan banyak fungsi tubuh yang penting. Udang, rumput laut, yogurt, dan keju adalah contoh makanan kaya yodium.

6. Kurangi stres.
Stres dapat memicu disfungsi hormon tiroid. Jadi, hindari stres dan cobalah beberapa jenis olahraga atau latihan relaksasi.
(tsa)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak