7 Jenis Garam yang Dapat Menambah Kenikmatan Masakan

Jum'at, 11 September 2020 - 12:35 WIB
loading...
7 Jenis Garam yang Dapat Menambah Kenikmatan Masakan
Sejumput garam dapat membuat atau menghancurkan sebuah resep masakan. Bahan masak ini merupakan bagian penting dari masakan Anda dan ternyata garam memiliki beragam jenis. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Sejumput garam dapat membuat atau menghancurkan sebuah resep masakan. Bahan masak yang satu ini merupakan bagian penting di seluruh masakan Anda.

Makanan akan terasa hambar tanpa garam, dan inilah satu rasa yang menonjol di antara yang lainnya. Tapi, pernahkah Anda mengamati deretan warna, tekstur, dan harga garam yang tersedia? Pasalnya, ada berbagai jenis garam.

Ada garam meja biasa hingga garam hitam serta garam merah muda Himalaya. Dilansir Times Now News, Ryan Fernando selaku Konselor Ahli Gizi Selebritas dan Pendiri Klinik Nutrisi QUA berbagi sifat dan manfaat garam yang dapat membantu menambah kelezatan disetiap masakan Anda. (Baca juga: Banyak Disukai, Ini Resep Mudah Chocolate Mousse )

1. Garam dapur atau garam meja
Salah satu garam yang paling mudah tersedia di supermarket adalah garam meja atau garam beryodium yang paling umum digunakan. Alasan utama di balik popularitasnya adalah mudah larut dalam makanan. Garam meja ditambang dari endapan garam yang ditemukan di bawah tanah dan lebih banyak diproses untuk menghilangkan mineral.

"Hal yang perlu diingat adalah konsumsi garam tidak boleh lebih dari satu sendok teh atau empat gram sehari. Ketika Anda mengonsumsi lebih banyak garam, tubuh cenderung menyeimbangkannya dengan meminta lebih banyak gula," kata Ryan Fernando.

2. Garam hitam (Kala Namak)
Garam berwarna abu-abu merah muda cenderung menambah rasa unik pada masakan Asia dan India. Ini direkomendasikan oleh banyak orang sebagai versi garam yang lebih sehat. Pada zaman kuno, garam hitam dicampur dengan bumbu dan rempah-rempah dan kemudian dipanaskan hingga suhu tinggi.

Namun, saat ini banyak garam hitam dibuat dari kombinasi antara natrium klorida, natrium sulfat. Garam kemudian dicampur dengan arang dan dipanaskan sebelum produk akhir siap. "Seperempat sendok teh garam hitam ditambahkan ke air hangat di pagi hari akan membantu detoksifikasi tubuh," jelasnya. (Baca juga: Pemeran Wanita Film James Bond, Diana Rigg Meninggal Dunia )

3. Garam Merah Muda Himalaya (Sendha Namak)
Seperti namanya, warna garam ini merah muda terang karena adanya oksida besi di dalamnya. Karena lebih sedikit diproses, kristal berukuran lebih besar dan cukup sulit larut saat dimasak. Keunikan garam ini adalah alih-alih mencampurkannya saat dimasak, garam justru ditaburkan di atas sayuran untuk meningkatkan rasa. Garam ini terbuat dari kristal garam yang ditambang dari daerah Himalaya. Garam diekstraksi dengan tangan dan mengalami pemrosesan minimum, sehingga menjadi produk yang lebih alami dibandingkan dengan garam meja.

4. Garam Seledri (Ajmod Ka Namak)
Garam seledri pada dasarnya adalah campuran garam meja biasa dengan seledri. Biji seledri digunakan sejak zaman kuno dalam pengobatan ayurveda. Meski biasa digunakan dalam salad, garam seledri tidak aman bagi ibu hamil karena bisa membuat rahim berkontraksi dan menyebabkan keguguran. Kandungan natrium yang rendah menjadikan garam ini pilihan yang baik untuk penderita diabetes atau penderita hipertensi.

5. Garam Asap
Paling populer di kalangan vegan, garam asap memberikan rasa berasap pada makanan. "Garam asap dapat ditambahkan dalam konsumsi harian Anda terutama untuk rasa diasap daripada khasiat kesehatannya," ungkapnya.

6. Garam Alaea
Garam alaea biasanya digunakan sebagai pengawet makanan. Warnanya merah karena kadar zat besi yang tinggi dalam garam. Garam Alaea dibuat dengan menguapkan air laut dengan energi matahari. Garam tersebut kemudian dilapisi dengan tanah liat merah dari China atau Hawaii. Anda juga dapat menambahkannya ke dalam makanan biasa dengan mencampurkannya ke dalam sup, salad, atau persiapan cokelat. Karena kandungan natrium yang sangat rendah, garam ini membantu mengurangi kondisi seperti tekanan darah tinggi, diabetes dan penyakit ginjal kronis.

7. Garam Laut
Garam laut merupakan salah satu bentuk garam paling murni dan belum diproses yang diperoleh secara alami dari perairan laut. Itu terkandung dalam proses penguapan. Garam laut transparan dan tidak berwarna dalam bentuk kristal alaminya. Butirannya relatif lebih besar dari butiran garam meja. Banyak orang menganggap garam laut lebih sehat daripada garam meja. Namun, konsumsi natrium yang berlebihan telah dikaitkan dengan tingkat tekanan darah tinggi dan peningkatan risiko penyakit jantung.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1199 seconds (0.1#10.140)