Tak Sempat Keramas? Dry Shampoo Beri Kesegaran pada Rambut Lepek

Selasa, 15 September 2020 - 16:19 WIB
loading...
Tak Sempat Keramas? Dry Shampoo Beri Kesegaran pada Rambut Lepek
Dry shampoo atau sampo kering merupakan salah satu jenis produk rambut yang diklaim dapat mengurangi minyak dan kotoran pada rambut. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Dry shampoo atau sampo kering merupakan salah satu jenis produk rambut yang diklaim dapat mengurangi minyak dan kotoran pada rambut. Tidak seperti sampo dan kondisioner basah, sampo kering dapat dioleskan ke rambut saat masih kering.

Sampo kering tidak perlu dibersihkan dari rambut dan biasanya dioleskan ke rambut dan area lain, di mana minyak dan kilau terlihat terkumpul. Beberapa orang menilai sampo kering dapat merapikan rambut setelah olahraga yang berkeringat atau memperpanjang masa pakai salon.

Pada dasarnya, kulit kepala ditutupi dengan folikel rambut. Folikel ini tidak hanya menumbuhkan rambut, tapi juga menghasilkan sebum, minyak alami yang melembutkan kulit kepala dan memberi tekstur pada rambut. (Baca juga: 5 Cara Berhenti Memikirkan Mantan Kekasih )

Sebum memiliki tujuan penting. Ini melembutkan rambut dan membantu melindungi kulit di bawahnya. Ketika berkeringat, menghabiskan waktu di luar, atau bahkan melakukan aktivitas sehari-hari, minyak dan keringat dari kulit kepala terkumpul di rambut.

Meskipun sejumlah minyak di kepala normal, penumpukan minyak membuat rambut tampak berminyak. Sementara itu, mencuci, mengeringkan rambut, dan menata rambut setiap hari bisa memakan waktu. Namun, kebiasaan ini tidak baik untuk kesehatan rambut sehingga banyak orang memilih menggunakan sampo kering.

Sampo kering menggunakan alkohol atau bahan aktif berbahan dasar pati untuk menyerap minyak dan keringat dari rambut. Menghilangkan minyak dari rambut membuatnya tampak lebih bersih. Kebanyakan sampo kering juga mengandung pewangi, yang membuat rambut berbau segar di sela-sela keramas.

Dilansir dari Healthline, Selasa (15/9) bergantung pada tekstur rambut, sampo kering kemungkinan akan membuat rambut tidak terlalu berminyak. Kendati demikian, sampo kering tidak bertujuan untuk membersihkan rambut. Sampo kering menyamarkan kotoran dan minyak di kulit kepala.

Produk ini tidak bekerja sebagai pengganti untuk mencuci rambut. Faktanya, penggunaan sampo kering yang berlebihan dapat menyebabkan kulit kepala gatal dan kering. Sampo kering paling efektif untuk rambut yang secara alami menampung banyak minyak. Jika Anda merasa olahraga atau perjalanan yang lembab membuat rambut terlihat berminyak, sampo kering dapat menyelamatkan rambut Anda.

Jika rambut Anda secara alami lebih kering dan bertekstur, perlu membeli sampo kering yang dibuat khusus untuk jenis rambut Anda. Ingatlah bahwa jika rambut berwarna coklat tua atau hitam, sampo kering akan tampak bersisik saat disemprotkan ke kulit kepala. Membeli sampo kering yang khusus dibuat untuk rambut lebih gelap dan alami dapat mengatasi masalah ini. (Baca juga: JK Rowling Kritik Transgender di Buku Barunya, #RIPJKRowling Jadi Trending )

Sampo kering juga bisa digunakan untuk menyegarkan rambut keriting, tetapi perlu mengganti proses pengaplikasiannya. Rambut keriting tidak boleh disisir atau disisir setelah kering dan Anda menggunakan sampo kering. Jika tidak, ikal mungkin terlihat kering dan kusut, bukan segar dan mengembang.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1665 seconds (10.101#12.26)