Tidur Buruk Terkait dengan Penambahan Berat Badan

Rabu, 16 September 2020 - 16:40 WIB
loading...
Tidur Buruk Terkait dengan Penambahan Berat Badan
Tidak cukup tidur dapat menyebabkan segala macam masalah kesehatan. Foto Ilustrasi/Adobe Stock Photos
A A A
JAKARTA - Tidak cukup tidur atau tidur malam yang buruk secara terus-menerus akan membuat Anda sulit mengendalikan nafsu makan. Kebiasaan ini juga dapat menyebabkan segala macam masalah kesehatan seperti obesitas , penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes tipe 2.

Dilansir dari CNN pada Rabu (16/9), hubungan antara kurang tidur dan indeks massa tubuh (BMI) yang lebih besar telah ditunjukkan dalam sejumlah studi, tetapi para peneliti biasanya mengandalkan ingatan para peserta untuk mencatat seberapa baik mereka tidur. (Baca Juga: Berbahan Alami dan Halal, Trulife by Tupperware Essential Oil Hadir Penuhi Kebutuhan Masyarakat
Aplikasi tidur di pelacak kebugaran, telepon pintar, dan jam tangan telah mengubah semua itu. Dalam sebuah studi terbaru yang diterbitkan di JAMA Internal Medicine, para peneliti melacak kualitas tidur 120.000 orang selama dua tahun. Hasil penelitian menunjukkan durasi dan pola tidur sangat bervariasi antarmanusia.

Meskipun demikian, studi tersebut menemukan orang dengan BMI 30 atau lebih - yang dianggap obesitas oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS - memiliki durasi tidur yang sedikit lebih pendek serta pola tidur yang lebih bervariasi. Tidak perlu kurang tidur untuk melihat efeknya. Orang dengan BMI di atas 30 tidur sekitar 15 menit lebih sedikit daripada rekan mereka yang tidak terlalu berbobot.

Ada beberapa keterbatasan dalam penelitian ini. Tidur siang dikecualikan, kondisi kesehatan lain tidak dapat diperhitungkan, dan orang yang menggunakan perangkat pelacak yang dapat dikenakan biasanya lebih muda, lebih sehat, serta dari status sosial ekonomi yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak memakai pelacak.

"Ini adalah perangkat yang cukup mahal, dan ingat, mereka tidak disetujui oleh Food and Drug Administration AS," kata spesialis tidur Dr. Raj Dasgupta, Direktur Program Asosiasi Sleep Medicine Fellowship di Keck Medicine, University of Southern California.

"Hasilnya perlu divalidasi oleh perangkat yang disetujui FDA, dan karena penelitian tersebut kemungkinan besar dilakukan pada orang muda yang lebih kaya secara ekonomi, apakah itu benar-benar berlaku untuk orang tua yang kita khawatirkan memiliki tidur yang buruk?," lanjutnya. ( )

Meskipun tidak dapat menentukan arah hubungan dari hasil penelitian, temuan ini memberikan dukungan lebih lanjut untuk gagasan bahwa pola tidur dikaitkan dengan manajemen berat badan dan kesehatan secara keseluruhan. Penemuan ini juga mendukung nilai potensial, termasuk durasi tidur dan pola tidur individu saat mempelajari hasil kesehatan terkait tidur.

Ada alasan ilmiah mengapa kurang tidur dikaitkan dengan nafsu makan. Saat Anda kurang tidur, penelitian telah menunjukkan bahwa kadar hormon yang disebut ghrelin melonjak. Sementara hormon lain, yaitu leptin, menukik. Hasilnya adalah peningkatan kelaparan.

"L dalam leptin berarti kehilangan. Ini menekan nafsu makan dan karena itu berkontribusi pada penurunan berat badan. G dalam ghrelin berarti keuntungan. Hormon yang bekerja cepat ini meningkatkan rasa lapar dan menyebabkan penambahan berat badan," jelas Dasgupta.

Alasan lain menambah berat badan adalah karena sistem tubuh kuno yang disebut endocannabinoid. Endocannabinoids berikatan dengan reseptor yang sama dengan bahan aktif dalam mariyuana, yang seperti diketahui sering kali memicu kudapan.

Sebuah studi tahun 2016 oleh Hanlon membandingkan tingkat sirkulasi 2-AG, salah satu endocannabinoid yang paling melimpah pada orang yang tidur normal selama empat malam (lebih dari delapan jam) dengan orang yang hanya tidur 4,5 jam. ( )

Orang yang kurang tidur melaporkan peningkatan yang lebih besar pada rasa lapar dan nafsu makan, serta memiliki konsentrasi 2-AG yang lebih tinggi pada sore hari dibandingkan mereka yang tidur nyenyak. Peserta yang kurang tidur juga mengalami kesulitan mengendalikan keinginan mereka untuk camilan tinggi karbohidrat dan berkalori tinggi.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0686 seconds (0.1#10.140)