Minum Kopi Dapat Memperlambat Penyebaran Kanker Usus Besar

loading...
Minum Kopi Dapat Memperlambat Penyebaran Kanker Usus Besar
Menikmati beberapa cangkir kopi sehari dapat membantu memperlambat penyebaran kanker usus besar. Hal ini berdasarkan penelitian Sekolah Kedokteran Mayo Clinic di Phoenix. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Penelitian terbaru menunjukkan, menikmati beberapa cangkir kopi sehari dapat membantu memperlambat penyebaran kanker ususbesar. Dari hampir 1.200 pasien dalam penelitian yang dilakukan periode 13 tahun, mereka yang minum empat cangkir atau lebih setiap hari memiliki peluang hidup 36% lebih tinggi.

"Kanker usus besar metastatik yang telah menyebar dari lokasi aslinya tetap merupakan penyakit yang tidak dapat disembuhkan dalam banyak kasus," kata penulis utama studi Christopher Mackintosh, seorang mahasiswa kedokteran tahun keempat di Sekolah Kedokteran Mayo Clinic di Phoenix. (Baca juga: Studi: Tenis Olahraga Paling Sempurna, Bisa Menambah Panjang Umur)

Dilansir Web MD, Mackintosh menjelaskan sejumlah faktor gaya hidup, seperti diet dan olahraga juga telah dikaitkan dengan masa hidup yang lama bagi mereka yang menderita penyakit ini.

"Studi kami menemukan bahwa pasien yang dirawat dengan kemoterapi untuk kanker kolorektal metastatik yang minum kopi melihat periode waktu yang lebih lama sebelum pertumbuhan kanker mereka dan sebelum kematian," jelas dia.



Semua peserta penelitian adalah bagian dari studi pengobatan kanker yang lebih besar yang dilakukan antara 2005 dan 2018. Selama waktu itu, asupan makanan dan minuman dicatat.

Peneliti akhirnya menemukan bahwa semakin banyak kopi dikonsumsi, semakin besar manfaat kelangsungan hidup. Misalnya, Mackintosh mencatat bahwa pasien yang mengonsumsi satu cangkir kopi per hari cenderung bertahan 30 bulan setelah diagnosis.

Tetapi, mereka yang minum dua atau tiga cangkir setiap hari dapat bertahan hidup selama 32 bulan. Sedangkan, mereka yang mengonsumsi empat cangkir atau lebih sehari, kelangsungan hidup meningkat hingga 39 bulan.



Peneliti juga menemukan mereka yang minum antara dua dan tiga cangkir per hari melihat status penyakit mereka memburuk lebih lambat daripada mereka yang minum satu cangkir atau kurang. Demikian pula, perkembangan penyakit melambat bahkan lebih di antara pasien yang rutin minum empat cangkir kopi atau lebih setiap hari.
halaman ke-1 dari 2
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top