5 Destinasi Wisata Alam Berkonsep Wisata Berkelanjutan

Selasa, 22 September 2020 - 15:03 WIB
loading...
A A A
Kawah Ijen merupakan kaldera terbesar di Pulau Jawa, yang terbentuk dari letusan Gunung Ijen. Sebenarnya ini adalah lokasi berbahaya karena airnya punya tingkat keasaman yang tinggi. Meski demikian, para wisatawan mengambil risiko bahaya tersebut dan terbayarkan dengan pemandangan magis yang ditawarkan. Daya tarik utamanya adalah api biru atau Blue Fire yang muncul di lokasi penambangan sulfur pada pagi buta.

Belum lagi indahnya matahari terbit dan panorama gunung tinggi lain seperti Merapi dan Raung yang terlihat jelas dari Ijen. Dari Kawah Ijen kamu menikmati tebing-tebing hijau pegunungan, dan hamparan pantai biru jernih di Banyuwangi, di antaranya Pantai Plengkung yang masyur dengan ombaknya yang menantang para peselancar dari seluruh dunia untuk datang ke sana.

Pantai ini terletak di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, sehingga kamu bisa juga menelusuri keindahan Alas Purwo sembari menikmati pantai dengan tebing dan juga garis pantai yang melengkung ini.

Lanjutkan ke Pantai Teluk Hijau yang acap disebut Green Bay. Pantai Teluk Hijau terkenal sebagai wisata Banyuwangi yang menawarkan suasana pantai dengan laut berwarna hijau. Terletak di Taman Nasional Meru Betiri, panorama eksotis yang dihasilkan air laut yang disinari matahari membuat Pantai Teluk Hijau cocok jadi tempat untuk cuci mata dan menenangkan pikiran Anda.

Setelah puas di Teluk Hijau meluncurlah ke Pantai Sukamade yang berada dalam satu area dengan pantai Teluk Hijau. Sukamade Terkenal dengan pantainya yang jadi tempat penyu untuk bertelur. Hal ini membuat Sukamade juga jadi lokasi penangkaran telur penyu dan pelepasan tukik atau bayi penyu hijau (Chelonia Mydas) di Pantai Sukamade. Ada lagi Pantai Rajegwesi yang juga berlokasi di Taman Nasional Meru Betiri. Ini adalah kampung nelayang yang jadi tempat perahu pencari ikan masyarakat berlabuh.
5 Destinasi Wisata Alam Berkonsep Wisata Berkelanjutan

Nusa Penida

Anugerah keindahan alam di Bali menciptakan begitu banyak destinasi wisata berkonsep wisata berkelanjutan. Nusa Penida salah satunya. Bila kamu ingin menemukan pemandangan pantai dengan laut biru yang luas, Nusa Penida adalah spot yang tepat untuk itu.

Nusa Penida bukan sekadar pantai, laut dan sunset. Kamu bisa juga menemukan banyak hal menarik lain yang membuat kamu tak habis-habis mengagumi dan takjub kepada pulau kecil yang menarik di tenggara Bali ini. Mari mulai dari Pasih Uug. Setiap jengkal pemandangan di sini seperti didesain Tuhan untuk kepuasanmu menikmatinya.

Lalu meluncurlah ke Bukit Atuh yang berada di Kabupaten Klungkung. Kamu akan menemukan kolam untuk bidadari karena begitu fantastis pemandangan di sana. Kolam di antara batu karang tajam, di tengah kolam alami dengan air yang jernih dan pemandangan yang keren. Nusa Penida masih punya destinasi lainnya yaitu Pasih Andus, Crystal Bay, Pantai Kelingking, Pantai Suwehan,
5 Destinasi Wisata Alam Berkonsep Wisata Berkelanjutan

Labuan Bajo

Labuan Bajo berada di Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT). Labuan Bajo memiliki keindahan alam yang natural. Keindahan Labuan Bajo terdiri dari Pulau Padar, Pulau Kelor, Pulau Rinca, dan Pulau Kanawa yang memukau. Beberapa pantainya juga memukau yang dapat digunakan sebagai spot diving atau snorkeling.

Misalnya di Taka Makassar, Manta Point tempat di mana kamu bisa diving snorkeling bersama Manta, ikan pari terbesar di situ. Kemudian ada Batu Bolong Reef. Jangan lupa Pink Beach di Komodo National Park. Dari segi budayanya dan kearifan lokal warga setempat juga sangat menarik. Warga setempat dapat memadukan keindahan alam beserta budaya daerahnya untuk dijadikan daya tarik wisata.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1248 seconds (0.1#10.140)