Tingkatkan Komunikasi Dokter dan Pasien di Tengah Pandemi

Rabu, 23 September 2020 - 00:20 WIB
loading...
Tingkatkan Komunikasi Dokter dan Pasien di Tengah Pandemi
Teknologi kesehatan memungkinkan peningkatan yang cepat dalam komunikasi, diagnosis, dan pengobatan pasien oleh dokter. / Foto: ilustrasi/Silicon Republic
A A A
JAKARTA - Platform teknologi kesehatan , Aido Health menggandeng pakar komunikasi medis, Meetmed menggelar webinar yang berfokus pada tata cara dokter dan pasien berinteraksi satu sama lain di tengah Covid-19 . Webinar ini bertujuan untuk membantu dokter khususnya dari para mitra Aido Health guna meningkatkan komunikasi yang lebih baik dalam industri kesehatan yang berubah dengan cepat.

(Baca juga: Awas Salah! Ini Cara Baca Hasil Rapid Test yang Benar )

Melalui beberapa modul yang dibawakan para ahli medis terkemuka, Aido Health berharap para dokter dapat dibekali dengan keterampilan yang diperlukan dalam berkomunikasi dan melayani pasien dengan lebih baik. Hambatan seperti infrastruktur yang buruk, kurangnya transportasi, dan jarak perjalanan dari tempat tinggal menghalangi banyak orang Indonesia untuk mendapatkan layanan perawatan kesehatan yang berkualitas dan dukungan para dokter spesialis.

Teknologi kesehatan memungkinkan peningkatan yang cepat dalam komunikasi, diagnosis, dan pengobatan pasien oleh dokter. Aido Health menjadi solusi dalam mengatasi banyak tantangan di sektor kesehatan Tanah Air. "Dengan teknologi yang kami miliki, Aido Health dapat menutup kesenjangan dan membuat layanan kesehatan lebih mudah dijangkau, khususnya pada masa Covid-19," ujar VP Operations and Partnership Aido Health, Jyoti Nagrani dalam keterangan tertulisnya, Selasa (22/9).

Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) , terdapat kurang dari sepuluh dokter di antara 10.000 orang di Indonesia. Selain itu, pada 2035, setidaknya 44,9 persen penduduk akan berusia di atas 60 tahun. Di negara dengan kemacetan tinggi dan infrastruktur yang kurang, berarti semakin banyak orang yang memerlukan metode alternatif untuk berkomunikasi dengan dokter mereka.

Dan saat ini, terdapat 171 juta orang Indonesia memiliki akses internet. Hal ini menghadirkan peluang menggunakan teknologi untuk mengatasi tantangan perawatan dan komunikasi tersebut. Banyak orang Indonesia yang mengalami gangguan mobilitas akibat penyakit kronis.

Tingkatkan Komunikasi Dokter dan Pasien di Tengah Pandemi


"Dampak Covid-19 pada penggunaan teknologi digital sangat besar dan dokter menyadari bahwa mereka harus beradaptasi dengan perubahan di sekitarnya. Melalui platform teknologi kesehatan seperti Aido Health, penyedia layanan kesehatan yang terbaik di negara kita, layanan kesehatan dapat terhubung langsung dengan pasien. Hal ini dapat menghasilkan layanan klinis yang lebih baik dan lebih mudah," papar Advisor Aido Health, dr. Roy Panusuan.

Webinar ini menunjukkan kepada para dokter mengenai teknologi yang dapat digunakan untuk melayani pasien dengan lebih baik. Webinar yang dibawakan beberapa dokter terkemuka Indonesia lainnya akan berlangsung selama September dan Oktober 2020. Topik utama yang dibahas para pembicara meliputi sistem peningkatan perawatan kesehatan, komunikasi telemedisin yang efisien, hubungan antara teknologi dan layanan yang berpusat pada pasien, dan penggunaan kecerdasan emosional untuk berkomunikasi dengan lebih baik.

(Baca juga: Penting Deteksi Dini dan Kenali Gejala Pikun )

"Aido Health berharap para tenaga medis dapat mendapatkan pengetahuan mengenai tata cara komunikasi yang efektif di dunia serba digital ini," tukas dr. Roy.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1597 seconds (0.1#10.140)