Terapi Stem Cell Tawarkan Harapan Besar untuk Perawatan Medis Baru

Kamis, 24 September 2020 - 07:31 WIB
loading...
Terapi Stem Cell Tawarkan Harapan Besar untuk Perawatan Medis Baru
Presiden WOCPM Deby Vinski bertemu Jusuf Kalla (JK) untuk membahas pemindahan tali pusat cucu JK ke CSC. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Sel punca atau stem cell menawarkan harapan besar untuk perawatan medis baru. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa terapi preventif dan regeneratif menggunakan sel punca berpotensi untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit, mulai mengobati luka bakar hingga meregenerasi pembuluh darah untuk mengobati pasien jantung.

Selain itu, sel punca dipercaya dapat mengobati pasien alzheimer dengan menggantikan jaringan otak yang telah rusak. Sel punca dapat membuat kembali sel-sel otak baru dan menjadikannya aktif lagi. Sel punca dari sel pankreas bermanfaat untuk penderita diabetes tipe 1. Sel ini dapat menggantikan sel yang gagal memproduksi insulin. Pada pasien diabates, terapi sel punca bahkan bisa meningkatkan kekebalan tubuh pasien. ( )

Mengingat manfaat yang begitu besar dari terapi ini, Celltech Stem Cell Centre (CSC) berkomitmen untuk menjadi pusat tujuan medical tourism dengan memberikan pelayanan dan kualitas terbaik. CDC merupakan perusahaan swasta nasional yang bergerak di bidang industri medik dan mengembangkan usaha di bidang jasa pelayanan kesehatan, khususnya bidang penelitian, pengembangan, dan produksi sel punca untuk memenuhi kebutuhan pasar nasional maupun global.

Belum lama ini berlangsung pertemuan antara Presiden Badan Akreditasi Kedokteran Preventive & Anti-Aging Dunia (WOCPM) Deby Vinski dengan Mantan Wakil Presiden yang juga penasihat WOCPM Jusuf Kalla (JK). Pertemuan tersebut beragendakan pemindahan tali pusat cucu JK yang berada di luar negeri ke CSC. Hal itu dilakukan karena CSC merupakan laboratorium riset, pengolahan, serta penyimpanan sel punca yang berada di Indonesia dan telah memiliki izin operasional dari Kementerian Kesehatan. CSC juga merupakan satu-satunya laboratorium yang terakreditasi WOCPM.

Adapun teknologi yang digunakan CSC berupa closed system berbasis digital sehingga sel yang dihasilkan kualitasnya lebih terjamin, akurat, dan mengurangi risiko kontaminasi dari hal yang tidak terduga. Closed system juga mengurangi terjadinya human error, terlebih lagi CSC menggunakan teknologi quantum autologues stem cell.

Teknologi quantum autologues stem cell adalah sebuah ekspansi sel. Sel akan diperbanyak dan dikalikan sehingga dengan teknologi quantum, sel yang dihasilkan menjadi sangat banyak dalam waktu yang singkat. Hal tersebut sangat berbeda dengan cara konvensional. Kemudian sel yang dihasilkan itu disimpan di bank sel yang dimiliki oleh CSC sehingga dapat digunakan untuk keperluan medis di masa depan oleh pasien. ( )

Hal inilah yang menjadi alasan JK memindahkan sel cucuya ke CSC. Di sisi lain, JK juga akan melakukan terapi stem cell di CSC mengingat kualitas yang dimiliki CSC sangat baik.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2307 seconds (0.1#10.140)