Tingkatkan Kesadaran Pola Konsumsi Pangan Sehat dan Gaya Hidup Aktif di Sekolah

Sabtu, 26 September 2020 - 23:23 WIB
loading...
Tingkatkan Kesadaran Pola Konsumsi Pangan Sehat dan Gaya Hidup Aktif di Sekolah
Frisian Flag Indonesia (FFI) menggelar kegiatan webinar Gerakan Nusantara (Gernus) bertema Menjadi Orang Tua Tangguh di Era Adaptasi Kebiasaan Baru. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - PT Frisian Flag Indonesia (FFI), Sabtu (26/9), menggelar kegiatan webinar Gerakan Nusantara (Gernus) bertema Menjadi Orang Tua Tangguh di Era Adaptasi Kebiasaan Baru bersama lebih dari 700 guru dan orang tua dari sekolah-sekolah dasar di wilayah DKI Jakarta. Penyelenggaraan Gernus tahun ini memasuki tahun kedelapan dan pelaksanaannya dilakukan secara daring.

(Baca juga: Tanpa Bintang hingga Bintang Lima, Ini Kriteria Pengklasifikasian Hotel )

Kali ini, Gernus menghadirkan pembicara-pembicara kompeten yang membahas pendidikan gizi serta pembelajaran daring yang kondusif sebagai bagian dari program belajar dari rumah (BDR) yang dicanangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) . Dalam situasi yang mengutamakan pertimbangan kesehatan dan keselamatan semua, dunia pendidikan menghadapi tantangan pelaksanaan kegiatan belajar dan mengajar bagi siswa, orangtua serta guru termasuk pendidikan gizi.

Literasi gizi semakin penting untuk dipelajari, dipahami dan diterapkan oleh siswa di sekolah sebagai bagian dari pola konsumsi pangan sehat dan gaya hidup aktif yang diperlukan bangsa Indonesia untuk melalui masa pandemi.

"Saya menyampaikan apresiasi kepada Frisian Flag Indonesia yang telah menginisiasi Gerakan Nusantara Program Edukasi Gizi. Orang tua memiliki peran sangat penting dalam proses pendidikan anak termasuk dalam penerapan pola hidup bersih dan sehat. Hikmah di masa pandemi kita diajarkan mengenalkan paradigma baru pendidikan yang lebih kolaboratif , kreatif dan inovatif," ucap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim dalam sambutannya.

Sejak diluncurkan pada 2013, Gernus terus memaksimalkan kontribusinya untuk meningkatkan kualitas pendidikan khususnya dalam hal literasi gizi kepada siswa-siswa sekolah dasar. Gernus mengutamakan kegiatan-kegiatannya untuk mendukung Program Gizi Anak Sekolah (ProGAS) yang digagas Kemendikbud.

Menyikapi partisipasi aktif korporasi dalam meningkatkan kesadaran akan pola konsumsi pangan sehat dan gaya hidup aktif, Direktur Pemberdayaan Masyarakat dan Pelaku Usaha BPOM RI, Dra. Dewi Prawitasari, Apt., M.Kes. juga menyampaikan apresiasinya. "BPOM RI memberikan penghargaan atas kerja sama korporasi sebagaimana inisiatif yang disampaikan oleh FFI untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang kesehatan melalui sosialisasi keamanan pangan kepada anak-anak kita dengan melibatkan komunitas sekolah termasuk guru dan orang tua," tuturnya.

"Kesadaran untuk menjaga kesehatan adalah sebuah perilaku yang harus kita tanamkan kepada anak-anak sejak pendidikan dini. Saat di sekolah, bapak dan ibu guru adalah role model, dan saat anak-anak pulang, maka orang tua menjadi role model ini. Pengetahuan dan perilaku yang sadar pangan aman akan membentuk generasi yang sehat dan siap membawa Indonesia menjadi bangsa yang maju dan bermartabat," tambahnya.

Sejauh ini, Gernus telah menjangkau 2.520.774 siswa dan 4.886 guru di 4.806 sekolah dasar di Indonesia, dan mengedukasi tentang pola konsumsi pangan sehat dan gaya hidup aktif di lingkungan sekolah dasar serta membiasakan minum susu setiap hari. Gernus adalah salah satu realisasi komitmen FFI untuk membangun keluarga kuat Indonesia melalui produk-produk bernutrisi berbasis susu.

(Baca juga: 7 Makanan Ini Tak Boleh Dikonsumsi oleh Calon Idola K-Pop )

"Frisian Flag Indonesia akan terus melakukan sosialisasi pendidikan gizi. Gernus adalah salah satu kendaraan kami, dan tahun ini kami sangat senang dapat terlibat program BDR dari Kemendikbud dan mendukung program keamanan pangan dari BPOM. FFI juga terus-menerus menjalin kerjasama dengan akademisi dan para ahli untuk menghadirkan program-program yang sesuai dengan kebutuhan pendidikan gizi anak-anak kita di sekolah," ujar Corporate Affairs Director PT. Frisian Flag Indonesia, Andrew F. Saputro.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2353 seconds (0.1#10.140)