Pola Makan sehat Bisa Melindungi Diri dari Covid-19

Senin, 28 September 2020 - 21:08 WIB
loading...
Pola Makan sehat Bisa Melindungi Diri dari Covid-19
Makanan yang dikonsumsi berdampak pada kemampuan tubuh melawan penyakit dan pulih dari infeksi, dan makan makanan yang sehat, bergizi, serta seimbang penting di tengah pandemi Covid-19. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Makanan yang dikonsumsi berdampak pada kemampuan tubuh melawan penyakit dan pulih dari infeksi, dan makan makanan yang sehat, bergizi, serta seimbang penting di tengah pandemi Covid-19.

Meskipun tidak ada makanan yang akan menyembuhkan infeksi Covid-19 , pola makan sehat bersama dengan aktivitas fisik yang baik akan membantu membangun sistem kekebalan yang lebih kuat untuk mengatasi dampak buruk dari virus corona yang mematikan.

Para dokter mengatakan penting untuk mengetahui bahwa nutrisi yang baik membantu mengurangi risiko penyakit seperti diabetes, hipertensi, obesitas, penyakit jantung, yang menjadi alasan umum terinfeksi virus corona. Banyak jenis kanker juga dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. (Baca juga: BPS Beberkan Fakta 17 dari 100 Orang Meyakini Tidak Akan Tertular COVID-19 )

Menurut pemahaman umum, pola makan sehat untuk bayi baru lahir berarti pemberian ASI eksklusif dalam enam bulan pertama, dengan pengenalan makanan bergizi dan aman untuk melengkapi ASI mulai dari 6 bulan hingga 2 tahun dan seterusnya.

Untuk anak-anak kecil, pola makan yang sehat dan seimbang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sedangkan untuk usia lanjut, hal ini dapat membantu memastikan hidup yang lebih sehat dan aktif.

"Makan pada jam-jam biasa berarti tingkat energi tetap stabil dan tidak bergoyang dari tinggi ke rendah. Ini akan membantu ritme tubuh tenang dan akan menyeimbangkan hormon untuk menjaga tubuh tetap berenergi. Makanan apa pun yang paling mendekati bentuk alaminya, paling sedikit diproses dan musiman adalah yang terbaik untuk kesehatan," kata Srilatha, Kepala Ahli Gizi Klinik, Rumah Sakit Medicover.

"Makanan kaya nutrisi menambah kesehatan, sementara makanan olahan penambah kalori kosong sehingga Anda tidak memiliki energi dan perasaan rendah serta dapat menyebabkan banyak penyakit. Makanan fermentasi menambah bakteri baik yang menjaga usus sehat dan penyerapan nutrisi efisien," lanjutnya dilansir dari Times Now News, Senin (28/9).

Seseorang harus memasukkan biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran musiman, sayuran berdaun hijau, buah-buahan utuh, susu dan produk susu dalam jumlah yang cukup, dan menambahkan makanan non-vegetarian dalam jumlah sedang yang berfokus pada ikan dan ayam tanpa kulit. Biji-bijian dan kacang-kacangan utuh memberikan nutrisi makro seperti karbohidrat dan protein. Buah dan sayuran merupakan sumber vitamin, mineral, serat dan antioksidan yang sangat baik.

Menambahkan kacang-kacangan ke dalam makanan sehari-hari adalah kebiasaan yang baik, dan membantu memperkuat kekebalan. Kacang dan biji minyak menambahkan lemak sehat, serat makanan, protein dan yang terpenting, antioksidan, yang dikenal untuk membersihkan radikal bebas dari sistem. (Baca juga: Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah Batal Nikah, tapi Ingin Hubungannya Lebih Serius )

Sangat penting untuk mengonsumsi cairan yang cukup seperti air, air lemon, air kelapa, buttermilk, sup buatan sendiri dan cairan non-manis lainnya agar tetap terhidrasi. Bahkan dehidrasi ringan membuat tubuh manusia kelelahan.

"Teramati bahwa orang yang tidak makan sehat dan tidak peduli dengan kekebalan lebih rentan terhadap penyakit menular seperti Covid-19. Makan dengan benar agar tetap sehat, harus menjadi filosofi dalam hal konsumsi vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang cukup," jelas Zeenat Fatima, Ahli Gizi, Rumah Sakit Continental.

Nutrisi dan olahraga yang baik sangat penting untuk kesehatan, terutama pada saat sistem kekebalan mungkin perlu melawan. Akses terbatas ke makanan segar dapat mengganggu kesempatan untuk terus makan makanan yang sehat dan bervariasi. Ini juga berpotensi menyebabkan peningkatan konsumsi makanan olahan, yang cenderung tinggi lemak trans tidak sehat, kolesterol, gula, dan garam.

Meskipun demikian, bahkan dengan bahan yang sedikit dan terbatas, seseorang dapat terus makan makanan yang mendukung kesehatan yang baik.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1165 seconds (0.1#10.140)