Begini Penanganan Covid-19 Donald Trump

Senin, 05 Oktober 2020 - 22:26 WIB
loading...
Begini Penanganan Covid-19 Donald Trump
Presiden Amerika Serikat Donald Trump diberikan beberapa perawatan dengan harapan meredakan gejala Covid-19 dan memperpendek perjalanan penyakitnya. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Presiden Amerika Serikat Donald Trump diberikan beberapa perawatan dengan harapan meredakan gejala Covid-19 dan memperpendek perjalanan penyakitnya.

Pada Jumat lalu, Gedung Putih mengatakan dalam sebuah surat bahwa Trump dirawat dengan dosis 8 gram dari koktail terapi antibodi eksperimental yang dibuat oleh perusahaan bioteknologi Regeneron.

Untuk membuat terapi antibodi monoklonalnya, ilmuwan Regeneron memilih dua antibodi yang paling baik menetralkan virus corona baru di lab. Antibodi adalah protein yang dibuat tubuh untuk melawan infeksi. Para ilmuwan menyalin kedua antibodi tersebut untuk membuat pengobatan untuk Covid-19. Obat yang dikenal dengan nama investigasi REGN-COV2 ini telah dalam uji klinis sejak Juni. (Baca juga: Pasien COVID-19 Tak Bisa Cium 2 Aroma Ini )

Perusahaan mengumumkan data awal dari uji coba dengan 275 pasien yang tidak dirawat di rumah sakit menunjukkan pengobatan aman dan mengurangi tingkat virus dan memperbaiki gejala. Perbaikan terbesar terlihat pada pasien yang tidak meningkatkan respons alami terhadap infeksi virus corona. Perawatan ini mengurangi kebutuhan kunjungan medis untuk pasien, tidak ada yang cukup sakit untuk dirawat di rumah sakit pada awal percobaan ini, menurut Regeneron.

Salah satu dokter yang merawat Trump melaporkan, Presiden diberi obat remdesivir selama lima hari. Pengobatan tersebut dimaksudkan untuk mempersingkat waktu pemulihan.

"Kemarin malam dia menerima dosis pertama remdesivir IV dan rencana kami adalah melanjutkan pengobatan lima hari untuk remdesivir," kata Dr. Brian Garibaldi, salah satu tim dokter yang merawat Trump di Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed dilansir dari CNN.

Dalam uji klinis Fase 3, remdesivir ditemukan mempercepat pemulihan pada pasien pneumonia yang sakit sedang akibat Covid-19. Menurut hasil yang diterbitkan dalam jurnal medis JAMA pada Agustus, percobaan ini melibatkan hampir 600 pasien yang secara acak menerima perawatan standar saat ini untuk Covid-19; pengobatan remdesivir selama lima hari sebagai tambahan dari perawatan standar saat ini; atau 10 hari pengobatan plus perawatan. Pemulihan setiap pasien dilacak dan diperiksa.

Penelitian menemukan pasien Covid-19 sedang yang menerima remdesivir selama lima hari lebih mungkin menjadi lebih baik setelah 11 hari dibandingkan dengan mereka yang hanya menerima perawatan standar. Pada Mei, remdesivir menjadi obat terapi pertama yang mengeluarkan izin penggunaan darurat untuk Covid-19 di Amerika Serikat.

FDA awalnya mengizinkan penggunaan remdesivir darurat untuk Covid-19 pada Mei, tetapi hanya untuk mengobati pasien dengan virus korona parah yang membutuhkan oksigen ekstra atau ventilasi mekanis untuk membantu pernapasan mereka. Kemudian pada 28 Agustus, FDA memperpanjang otorisasi penggunaan darurat untuk remdesivir kepada semua pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit, terlepas dari tingkat keparahan penyakit mereka. (Baca juga: Idap Komplikasi COVID-19, Desainer Ternama Pendiri Label Mewah Kenzo Takada Tutup Usia )

Selain itu, Trump dilaporkan juga diberi obat kortikosteroid deksametason pada setelah tingkat oksigennya turun untuk sementara. Obat ini biasanya diberikan kepada pasien dengan oksigen tambahan atau membutuhkan ventilasi. Di Amerika Serikat, deksametason telah digunakan untuk mengobati beberapa pasien Covid-19 sejak awal pandemi, tetapi beberapa dokter sebelumnya telah memperingatkan bahwa ini bukan pengobatan untuk penyakit ringan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1358 seconds (0.1#10.140)