Begini Penanganan Covid-19 Donald Trump

Senin, 05 Oktober 2020 - 22:26 WIB
loading...
A A A
Pada bulan Juni, hasil awal dari penelitian besar dan acak di Inggris menemukan bahwa rejimen deksametason dosis rendah selama 10 hari mengurangi kematian sepertiga di antara pasien rawat inap yang membutuhkan ventilasi. Percobaan itu melibatkan sekitar 6.400 pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit, sepertiga di antaranya secara acak menerima deksametason, dan sisanya diberikan perawatan standar di rumah sakit mereka.

Pada percobaan awal, deksametason diberikan dengan dosis 6 mg sekali sehari hingga 10 hari, baik sebagai suntikan atau oral. Para peneliti melaporkan tidak ada efek samping serius di antara pasien yang memakai deksametason. Steroid tersedia secara luas dan sudah umum digunakan untuk merawat pasien Covid-19 yang sakit parah.

Setelah sebelumnya mengatakan kepada wartawan bahwa Trump tidak menggunakan oksigen sekarang, dokter Gedung Putih Dr. Sean Conley mengatakan bahwa Trump telah diberi oksigen tambahan dan mengalami dua episode penurunan sementara pada tingkat oksigennya. National Institutes of Health (NIH) mencatat bahwa hipoksemia, atau tingkat oksigen yang rendah dalam darah, sering terjadi pada pasien Covid-19.

Trump juga dilaporkan telah mengonsumsi seng, vitamin D, famotidine, melatonin, dan aspirin harian. Seng adalah nutrisi yang secara alami ditemukan dalam tubuh yang membantu sistem kekebalan melawan bakteri dan virus dari luar, tetapi meskipun suplemen seng sering dikonsumsi untuk mengurangi durasi pilek, tidak ada bukti bahwa dapat digunakan untuk mengobati Covid-19.

Sedangkan vitamin D, baik untuk kesehatan tulang dan dapat diserap melalui makanan, sinar matahari dan suplemen dan cocok untuk mereka yang kekurangan - tetapi tidak ada bukti bahwa vitamin D akan secara langsung mengurangi risiko Covid-19. Famotidine, biasa digunakan untuk mengobati maag, mulas dan gangguan pencernaan dengan mengurangi jumlah asam di perut. 10 pasien Covid-19 yang menggunakan obat tersebut di rumah mengaku merasa lega.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada bulan Juni di jurnal medis Gut, famotidine adalah bahan aktif dalam Pepcid AC. Melatonin juga diberikan kepada Trump dan diperlukan lebih banyak penelitian untuk menentukan potensi manfaatnya bagi pasien Covid-19, tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa ini dapat membantu pasien Covid-19 yang juga menderita diabetes dan obesitas. (Baca juga: Donald Trump Diberi Deksametason, Obat Pasien COVID-19 Berat yang Dijuluki "Obat Dewa" )

Kemampuan melatonin untuk mengurangi infeksi virus pada pasien obesitas dan diabetes dikaitkan dengan karakteristiknya seperti efek antioksidan yang kuat, meningkatkan sistem antioksidan endogen, imunomodulator, dan kemampuan anti-inflamasi yang kuat. Sedangkan untuk aspirin, obat bebas dapat membantu mengurangi risiko pembekuan darah dan bukti menunjukkan bahwa Covid-19 dapat memicu pembentukan gumpalan darah pada beberapa pasien.
(tdy)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0876 seconds (0.1#10.140)