Para Guru Diajak Berbagi Cerita Mengajar di Masa New Normal

Selasa, 06 Oktober 2020 - 00:03 WIB
loading...
Para Guru Diajak Berbagi Cerita Mengajar di Masa New Normal
Saat ini teknologi berkembang semakin maju, mampu memberikan solusi untuk berbagai kebutuhan hidup, salah satunya adalah dalam bentuk sekolah online. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 menjadi tantangan bagi masyarakat, tak hanya di Indonesia tetapi juga di dunia. Semua aspek kehidupan terkena dampaknya, terlebih dengan berbagai protokol kesehatan yang perlu dilakukan demi mencegah penularan. Proses belajar mengajar di sekolah pun menjadi sektor yang terpengaruh.

(Baca juga: Pria juga Bisa Mengidap Kanker Payudara, Perhatikan Gejalanya! )

Beruntungnya, saat ini teknologi berkembang semakin maju, mampu memberikan solusi untuk berbagai kebutuhan hidup. Salah satu kemajuan teknologi adalah dalam bentuk sekolah online yang diadopsi pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang. Dengan diadakannya sekolah daring , dunia pendidikan pun berbenah. Guru-guru dituntut untuk dapat menyampaikan materi pelajaran secara efektif meski melalui sekolah online.

Meski guru harus mengajar dari jarak jauh, namun tak semua murid dan orang tua siap menjalani belajar dengan cara baru tersebut. Kondisi ini memicu banyaknya ide-ide kreatif untuk menghasilkan proses belajar mengajar yang interaktif, yang dapat dipahami dan diterima tidak hanya oleh murid didik, tetapi orang tua dan juga tentunya para pendidik.

Guraru (Guru Era Baru) merupakan sebuah wadah berbagi para guru agar semakin banyak guru melek teknologi yang dapat memanfaatkan teknologi untuk proses pembelajaran yang lebih optimal. Situs yang bisa diakses melalui guraru.org ini memiliki kontributor dari latar belakang pendidik, guru, praktisi pendidikan, dan konsultan pendidikan, serta didukung tim komunikasi digital Acer Indonesia.

"Saat ini Guraru menggelar Writing Competition 2020 bertajuk Berbagi Kisah Mengajar di Era Kebiasaan Baru. Acer mengajak para guru untuk berbagi cerita unik dan menarik selama mengajar di masa pandemi ini," tulis Guraru dalam pernyataan tertulisnya, Senin (5/10).

Disebutkan bahwa terdapat dua topik yang bisa dipilih para guru dalam kompetisi tersebut. Topik pertama, yakni berbagi cerita mengenai pengalaman unik guru pada saat proses belajar mengajar sebelum dan selama new normal . Lalu, yang kedua adalah bagaimana peran dan fungsi teknologi favorit guru dalam mendukung proses pembelajaran BDR (belajar dari rumah) selama new normal.

Melalui kompetisi ini, Guraru ingin mengajak semakin banyak guru untuk berbagi cerita unik mereka, yang pada akhirnya dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi guru-guru lainnya di seluruh Indonesia yang mungkin memiliki pengalaman dan tantangan unik selama mengajar di era pembelajaran baru seperti saat ini. Guraru Writing Competition 2020 sudah dibuka mulai 21 September hingga 9 Oktober 2020.

(Baca juga: Pasien Covid-19 Tak Bisa Cium 2 Aroma Ini )

"Selain bisa berbagi pengalaman dengan rekan-rekan guru di seluruh Indonesia, Guraru Writing Competition 2020 juga menyediakan hadiah menarik berupa voucher belanja senilai Rp1,5juta dan dua hadiah utama yakni laptop terbaru dari Acer, Aspire 5 Magical Color dan Swift 1 Rainbow Effect."
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1603 seconds (0.1#10.140)