Pria juga Bisa Mengidap Kanker Payudara, Perhatikan Gejalanya!

Senin, 05 Oktober 2020 - 16:30 WIB
loading...
Pria juga Bisa Mengidap Kanker Payudara, Perhatikan Gejalanya!
Tidak hanya wanita, kanker payudara juga dapat diidap pria. Bahkan, penyakit ini mempengaruhi sekitar 350 pria setiap tahun di Inggris. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Tidak hanya wanita, kanker payudara juga dapat diidap pria. Bahkan, penyakit ini mempengaruhi sekitar 350 pria setiap tahun di Inggris. Satu dari 1.000 pria di Inggris akan mengembangkan penyakit ini seumur hidup mereka.

“Gejala kanker payudara yang paling umum pada pria adalah adanya benjolan di belakang atau dekat puting. Padahal benjolan itu mungkin tidak selalu ada di daerah ini,” kata Barr, pendiri dan ketua Prevent Breast Cancer sekaligus konsultan.

Ada tanda peringatan lain dari penyakit ini, termasuk keluarnya cairan dari puting yang berlumuran darah. Beberapa pria mengalami luka pada puting, atau memiliki puting yang empuk atau terbalik. Mungkin ada ulserasi atau pembengkakan di area dada atau pembengkakan kelenjar getah bening di bawah lengan.

"Usia adalah faktor risiko terpenting terjadinya kanker payudara pada pria," jelas Barr dilansir dari Express. (Baca juga: Ibu Jangan Lupa Jaga Kesehatan )

Risiko meningkat seiring bertambahnya usia dan kebanyakan pria yang didiagnosis kanker payudara berusia di atas 60 tahun. "Risiko Anda juga lebih tinggi jika Anda memiliki riwayat keluarga penyakit yang signifikan. Jadi bicarakan dengan dokter Anda jika Anda khawatir tentang hal ini," saran Barr.

Lebih lanjut, Barr mengungkapkan bagaimana orang gemuk memiliki kadar hormon estrogen dalam tubuhnya yang lebih tinggi. Kondisi ini bisa berperan dalam pertumbuhan sel kanker payudara, seperti halnya kerusakan hati kronis dan sindrom klinefelter.

NHS mengatakan kondisi tersebut - juga disebut sebagai KS atau XXY - terjadi ketika laki-laki lahir dengan kromosom X ekstra. Di mana wanita lahir dengan dua kromosom X dan pria lahir dengan kromosom X dan Y. Kromosom adalah sel kelamin yang menentukan jenis kelamin genetik bayi.

Mempengaruhi sekitar satu dari setiap 660 pria, sindrom klinefelter (lahir dengan kromosom XXY) dapat menyebabkan gejala halus sepanjang hidup seseorang. Gejalanya sangat ringan sehingga banyak orang mungkin tidak menyadari bahwa mereka memiliki kondisi tersebut. (Baca juga: Album Baru SuperM Duduki Posisi 2 Chart Billboard 200 )

Pada balita, bayi laki-laki membutuhkan waktu lebih lama untuk duduk, merangkak, berjalan dan berbicara, tampil lebih tenang dan pasif. Di masa kanak-kanak, disleksia ringan atau dyspraxia bisa terlihat, atau kesulitan dalam menulis, mengeja, dan memperhatikan.

Orang dewasa dengan kondisi ini mungkin mengalami dorongan seks rendah dan bisa jadi tidak subur.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1464 seconds (0.1#10.140)