Hindari Penularan Covid-19, Jangan Bersepeda Rombongan

Selasa, 06 Oktober 2020 - 15:15 WIB
loading...
Hindari Penularan Covid-19, Jangan Bersepeda Rombongan
Foto: dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Olahraga bersepeda memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sebut saja melatih otot lebih kuat sampai menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Olahraga ini juga dapat dilakukan dengan mudah mulai dari anak-anak hingga lansia sekalipun.

Tak heran sering kita lihat di jalan raya rombongan peseda ataupun keluarga yang bersepeda bersama. Walau begitu, dr. Michael Triangto, SpKO menyarankan agar bersepeda sendiri daripada ikut rombongan. (Baca: Hidayah Adalah Mengetahui Kebenaran)

“Selain menekan risiko tertular virus corona, dengan bersepeda sendiri kita bisa ukur kemampuan diri. Jika tidak sanggup maka bisa berhenti dulu. Tingkat kemampuan dan kebugaran orang berbeda. Biasanya kalau rombongan, tidak akan berhenti sebelum sampai destinasi. Padahal bilamana intensitas latihan masuk kategori berat, kemungkinan terinfeksi terutama Covid-19 semakin besar," bebernya.

Sementara itu dikutip dari Bicycling.com, David Nieman, Dr.PH., profesor dari Appalachian State University juga menganjurkan agar bersepeda sendiri. "Ketika berkumpul dan seseorang bersin lalu dropletnya mengenai permukaan yang disentuh orang lain lalu ia menyentuh wajah, akan terinfeksi virus, bersepeda sendiri lebih aman," kata Nieman.

Ia melanjutkan, virus corona sangat menular jadi pesepeda harus amat waspada. Rajin mencuci tangan, jaga jarak, dan jika sakit tetap di rumah, anjuran itu haruslah dilakukan (#satgascovid19 #ingatpesanibu #jagajarak #pakaimasker #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun). (Lihat videonya: 5 Negara denagn Angkatan Udara Paling Digdaya di Dunia)

Sebelum bersepeda, dr. Muliadi Limanjaya menganjurkan untuk berkonsultasi lebih dulu dengan dokter apabila akan memulai kebiasaan bersepeda, terlebih jika memiliki riwayat penyakit tertentu. Protokol kesehatan pun tidak boleh ditinggalkan sehingga Anda dan keluarga bisa tetap aman dan sehat ketika bersepeda. (Sri Noviarni)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1529 seconds (0.1#10.140)