Makanan Pilihan Pasca Pemulihan COVID-19

Jum'at, 09 Oktober 2020 - 15:00 WIB
loading...
Makanan Pilihan Pasca Pemulihan COVID-19
Untuk membantu penyembuhan covid-19 lebih cepat dan membangun kekebalan, Anda disarankan memasukkan makanan kaya vitamin A, D, E dan mineral, seperti zinc dan magnesium. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Konsumsi suplemen zinc , magnesium dan vitamin telah meningkat sejak pandemi COVID-19. Untuk meningkatkan kekebalan melawan infeksi COVID-19, banyak orang mengonsumsi pil untuk dosis tambahan nutrisi tersebut. Orang yang telah terinfeksi COVID-19 juga mengonsumsi pil ini untuk pemulihan lebih cepat.

Dokter mengatakan perawatan pasca-pemulihan, bahkan lebih penting di masa sekarang karena kasus infeksi COVID-19 terus meningkat. Pola makan sehat penting saat memulihkan diri dari infeksi apapun. (Baca juga: Pasien Covid 19 Di Kabupaten Jayapura Terus Bertambah )

Menambahkan nutrisi penting dalam makanan sehari-hari dengan membuat pilihan makanan sederhana adalah keharusan. Meskipun mengonsumsi pil suplemen kesehatan adalah pilihan yang lebih mudah, tetapi menggantinya dengan pilihan makanan sederhana yang sehat akan menjadi jauh lebih sehat dalam jangka panjang.

Dokter Internal Rumah Sakit Breach Candy, Dr Pratit Samdani merekomendasikan untuk memasukkan makanan yang kaya vitamin A, D, E dan mineral seperti zinc dan magnesium untuk membantu penyembuhan lebih cepat dan membangun kekebalan. Tidak terlalu sulit untuk memiliki pola makan seimbang untuk mendapatkan kebutuhan vitamin yang cukup.

Pastikan asupan protein Anda sudah habis. Dr Samdani juga merekomendasikan membuat bagan diet dengan berkonsultasi dengan ahli diet dengan mengingat alergi dan kondisi medis yang sudah ada sebelumnya. Dilansir Times Now News, berikut pilihan makanan untuk pemulihan pasca COVID-19 yang lebih cepat.

1. Vitamin C
Buah jeruk, stroberi, paprika, kembang kol, brokoli, tomat, ubi jalar, dan asparagus kaya kandungan vitamin C.

2. Vitamin A
Makanan dengan beta-karoten. Wortel, labu, jeruk, ubi jalar, mangga, melon, sayuran berdaun hijau tua, ikan seperti salmon.

3. Vitamin E
Makanan dengan antioksidan seperti kacang-kacangan, minyak biji-bijian seperti bunga matahari, safflower, almond, ubi, makanan yang diperkaya seperti selai, dan lainnya.

4. Seng
Kacang-kacangan, daging polong-polongan, biji-bijian, produk susu, telur, dan cokelat hitam. (Baca juga: Ikuti Pola Makan Bumil, Irwansyah: Pipiku mulai Membesar )

5. Magnesium
Brokoli, alpukat, pisang, buah ara kering, jambu biji, buah kiwi, pepaya, blackberry, raspberry, melon, dan grapefruit.

Olahraga dengan intensitas sedang juga membantu melawan flu. Jogging, lompat tali, bersepeda dan berbagai latihan di rumah seperti yoga dan lainnya juga dapat membantu membangun kekebalan. Seseorang juga harus bekerja untuk mengurangi tingkat stres melalui latihan pernapasan, meditasi, berolahraga, berbicara dengan terapis, dan keluar ke alam untuk berjalan-jalan. Kualitas tidur yang cukup juga dapat membantu membangun kekebalan alami Anda terhadap infeksi.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0980 seconds (0.1#10.140)