Diet Okinawa Dipercaya Membantu Meningkatkan Hidup Lebih Lama

Senin, 12 Oktober 2020 - 11:19 WIB
loading...
Diet Okinawa Dipercaya Membantu Meningkatkan Hidup Lebih Lama
Pola makan masyarakat Okinawa diyakini memberi mereka masa hidup terpanjang di dunia. Adapun diet ini terdiri dari makanan berupa nasi dalam jumlah yang lebih kecil. Foto/Istimewa.
A A A
JEPANG - Rahasia harapan hidup yang panjang dikaitkan dengan diet Okinawa . Diet ini mengacu pada pola makan tradisional orang yang tinggal di Pulau Okinawa, Jepang.

Pola makan masyarakat Okinawa diyakini memberi mereka masa hidup terpanjang di dunia. Adapun diet ini terdiri dari makanan berupa nasi dalam jumlah yang lebih kecil - makanan khas Jepang. Sebaliknya, makanan pokok adalah ubi jalar Okinawa berdaging ungu. Secara keseluruhan diet rendah kalori dan lemak sementara tinggi karbohidrat. (Baca juga: Trik Menikmati Makanan Enak saat Anda Berusaha Menurunkan Berat Badan )

Dilansir dari Express, diet Okinawa juga menekankan pada sayuran dan produk kedelai. Terkadang mereka makan sedikit mie, nasi, daging babi, dan ikan. Tetapi ada beberapa makanan yang dibatasi, seperti produk hewani yakni telur dan susu, termasuk keju, mentega, dan yoghurt. Makanan olahan yakni gula rafinasi, sereal sarapan, dan minyak goreng olahan.

Tidak ada penelitian substansial bahwa diet okinawa sendiri meningkatkan umur panjang, dengan banyak faktor lain yang memengaruhi umur, seperti genetika dan lingkungan.

Tetapi penelitian telah menunjukkan bahwa makanan kaya antioksidan, yang penuh dengan diet, dapat membantu memperlambat proses penuaan dengan melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas dan mengurangi peradangan.

Makanan diet rendah kalori, rendah protein, dan tinggi karbohidrat juga dapat meningkatkan harapan hidup. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa diet terbatas kalori yang terdiri dari lebih banyak karbohidrat dan lebih sedikit protein cenderung mendukung umur yang lebih lama, terutama jika dibandingkan dengan diet tinggi protein Barat.

Dalam diet Okinawa, sebagian besar kalori berasal dari ubi jalar, dan beberapa kutipan menyatakan ubi jalar adalah salah satu makanan tersehat yang bisa Anda makan.

Salah satu alasannya adalah ubi jalar telah terbukti mengurangi risiko penyakit kronis. Ubi jalar mengandung serat dan memiliki indeks glikemik (GI) rendah, yang berarti tidak menyebabkan peningkatan tajam pada kadar gula darah. (Baca juga: Pasien Covid 19 Di Kabupaten Jayapura Terus Bertambah )

Makanan ini penuh nutrisi penting, seperti kalsium, kalium, magnesium dan vitamin A dan C. Ubi jalar juga mengandung senyawa tanaman kuat yang disebut karotenoid yang telah terbukti memiliki manfaat antioksidan dan anti-inflamasi serta dapat berperan dalam mencegah penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Kandungan kedelai yang tinggi dalam diet Okinawa juga dapat membantu mencegah penyakit. Penelitian telah menunjukkan hubungan antara makanan berbahan dasar kedelai dan penurunan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan jenis kanker tertentu.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1324 seconds (0.1#10.140)