8 Tips Sehat Buka Puasa, Makan Kurma hingga Protein Tanpa Lemak

Kamis, 07 Mei 2020 - 17:01 WIB
loading...
8 Tips Sehat Buka Puasa, Makan Kurma hingga Protein Tanpa Lemak
Penting bagi Anda berbuka puasa dengan makanan yang seimbang. Selain itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar Anda tetap sehat. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Memilih makanan saat berbuka puasa merupakan hal penting. Karena makan yang disantap akan mengisi ulang cadangan energi dan membantu mempertahankan puasa Anda pada hari berikutnya. Jadi, penting bagi Anda berbuka puasa dengan makanan seimbang. Selai itu, tentu saja agar Anda tetap sehat.

Lalu, makanan apa saja yang harus dikonsumsi? Ya, Anda harus berusaha ekstra untuk menyantap makanan dengan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Dilansir laman Al Arabiya, berikut tips puasa yang sehat yang membuat gizi dalam tubuh Anda tetap seimbang.

1. Awali dengan minum
Minumlah banyak cairan seperti air, jus segar, atau susu. Ini akan mencegah dehidrasi dan menyediakan cairan esensial yang dibutuhkan tubuh Anda. Air tetap menjadi sumber hidrasi terbaik Anda. Minumlah 1 - 2 gelas air sebelum makan. Berhati-hatilah dengan minuman khas selama Ramadhan yang mungkin mengandung banyak gula dan kalori

2. Pilih kurma
Secara tradisional, kurma dimakan pada awal sahur, karena kurma memiliki gula alami yang bergizi dan mampu memberi energi pada tubuh. Jika Anda menderita sakit kepala selama jam-jam puasa, kemungkinan besar disebabkan oleh gula darah rendah, oleh karena itu, mulailah berbuka puasa dengan 2 kurma dan isi kembali kadar gula Anda.

3. Nikmati semangkuk sup
Sup adalah hidangan yang sangat diperlukan selama puasa karena kaya akan air. Anda bisa menikmati sup lentil, tomat, atau sayur, tapi hindari sup berbasis krim. Jika Anda tidak bisa menikmati sup hangat selama bulan-bulan musim panas, sup dingin dan Gazpachos bisa jadi pilihan yang bagus.

4. Sayuran
Sayuran kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang menyediakan begitu banyak nutrisi dalam kalori yang sangat sedikit. Semakin banyak jenis sayur atau buah pada makanan Anda, semakin banyak manfaat kesehatan yang dimilikinya. Ini juga memberikan rasa kenyang dan memastikan Anda makan lebih sedikit dari biasanya.

5. Pilih karbohidrat yang baik
Makanan berbuka puasa harus mengandung sumber karbohidrat, termasuk nasi merah, pasta gandum, roti, atau kentang. Karbohidrat kompleks menyediakan sumber energi yang lebih stabil selain serat dan mineral. (Baca juga: Haruskah Khawatir Saat Anak Tidur dengan Mulut Terbuka? ).

6. Tambahkan protein tanpa lemak
Selama berbuka puasa, Anda harus berusaha mengonsumsi protein berkualitas tinggi yang sangat mudah dicerna dan mengandung semua asam amino esensial. Tubuh Anda menggunakan ini untuk membangun dan mempertahankan massa otot.

Adapun makanan dengan protein berkualitas tinggi yang lengkap, seperti daging sapi, susu, yogurt, telur, keju, ikan, dan unggas. Pilih protein tanpa lemak untuk mendapatkan manfaat dengan sedikit lemak jenuh.

Sertakan ikan, ayam tanpa kulit atau kalkun dan produk susu rendah lemak sebagai bagian dari makanan berbuka puasa. Jika Anda vegetarian, Anda dapat memilih sumber protein lain seperti kacang-kacangan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1321 seconds (0.1#10.140)