Yuk Dongkrak Imunitas Tubuh dengan Olahraga

Rabu, 21 Oktober 2020 - 09:07 WIB
loading...
Yuk Dongkrak Imunitas Tubuh dengan Olahraga
Pandemi bukan alasan untuk absen berolahraga. Faktanya, olahraga dapat mendongkrak imunitas tubuh dan menghindari dari covid-19. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Pandemi bukan alasan untuk absen berolahraga. Faktanya, olahraga dapat mendongkrak imunitas tubuh dan menghindari dari covid-19. Lakukan olahraga sederhana di rumah.

Seperti kebiasaan baru masyarakat saat ini yang menggandrungi bersepeda. Selain bersepeda ada banyak olahraga lain yang dapat dilakukan di rumah. Tapi perlu diketahui, olahraga yang benar tidaklah harus capek, pegal, dan berkeringat banyak.



Anggapan yang berkembang umum ini kurang tepat. Olahraga semacam itu tujuannya adalah untuk prestasi bukan untuk sehat. Sebaliknya, ada gerakan sederhana yang bisa dilakukan di rumah. Misalnya duduk di kursi dengan lutut diangkat, lalu gerakan kaki seperti sedang mengayuh sepeda. “Sambil tiduran juga bisa, angkat kaki dan buat gerakan mengayuh," ujar dr. Michael Triangto, SpKO. Latihan ini sifatnya ringan dengan intensitas berulang. (Baca: Pentingnya Mengajarkan Anak Menjaga Lisan)

Gerakan push up misalnya bisa dilakukan di dinding atau meja. Sedangkan untuk latihan beban di rumah bisa gunakan botol air mineral berisi jika tidak ada dumbe. Bukan hanya membuat stamina terjaga, latihan fisik sedianya juga akan mengatasi kesulitan tidur berhubung berdiam di rumah biasanya tidur siang, sehingga malam menjadi susah tidur.

Latihan fisik intensitas sedang ini dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. Adapun latihan fisik intensitas tinggi malah dapat menurunkan imunitas. Disebut intensitas sedang jika saat latihan individu masih bisa bicara walau terengah-engah.

Sementara pada latihan intensitas tinggi, individu susah untuk berbicara. Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO) merekomendasikan latihan aerobik. Sebut saja jalan cepat sekeliling rumah atau naik turun tangga selama 10-15 menit sebanyak 2-3 kali sehari. Bisa juga dengan memilih dancing, senam aerobik via YouTube, maupun lompat tali. (Baca juga: Dunia Pendidikan Indonesia Belum Memiliki Peta Jalan yang Jelas)

Untuk latihan kekuatan otot, Anda bisa mengunduh aplikasi pada ponsel pintar, latihan ini meliputi squat, lunges, dan push up. Sudah banyak aplikasi latihan yang ditawarkan dengan banyak pilihan. Adapun untuk peregangan, disarankan melakukannya setiap dua jam sekali, hindari duduk sepanjang hari. Lakukan peregangan statis dengan menahannya selama 10-15 detik.

Dr. Michael menyarankan agar orangtua turut serta mengajak anaknya aktif bergerak. Momen ini sebetulnya kesempatan bagi para orangtua untuk lebih dekat dengan anak. Ia menyebut, ada beberapa permainan yang bisa dilakukan bersama anak. Contohnya dampu kapal, permainan tradisional asal Betawi.

Bagi orangtua permainan ini mengasah keseimbangan, sedangkan bagi anak bukan hanya hiburan semata namun lewat permainan ini anak belajar motorik kasar. (Baca juga: Liburan Aman dan Nyaman di Masa Pandemi)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3960 seconds (0.1#10.140)