Kehabisan Minyak saat Masak? Ganti Saja dengan Bahan-bahan Ini

loading...
Kehabisan Minyak saat Masak? Ganti Saja dengan Bahan-bahan Ini
Anda berencana membuat kue dan roti, atau Anda sedang bersiap-siap untuk menyiapkan tumis dan sayuran goreng, tapi kehabisan minyak, bagaimana mengatasinya? Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Anda berencana membuat beberapa kuedan roti, atau Anda sedang bersiap-siap untuk menyiapkan tumis dan sayuran goreng, tapi kehabisan minyak?

Tidak perlu khawatir. Ada banyak bahan pengganti minyak yang bisa menjadi solusi mudah. Menariknya, beberapa minyak ganti ini mengurangi kalori dan menambah nutrisi.

Bergantung pada tujuan Anda untuk hasil akhir dan apa yang Anda miliki, ada banyak pilihan pengganti minyak. Tidak peduli apa yang Anda putuskan untuk ditukar, ingatlah bahwa diperlukan beberapa percobaan dan kesalahan untuk mendapatkan hidangan seperti yang Anda inginkan. Dilansir Live Strong, berikut pengganti minyak untuk memasak. (Baca juga: Makan Enak Tak Harus Mahal, Buat Saja Oseng Tahu Petai Kecap)

Panggang
1. Produk susu
Jika tujuan Anda bukan untuk menghilangkan lemak melainkan hanya untuk mengganti minyak, periksa persediaan produk susu Anda. "Krim asam, yogurt, atau krim keju adalah pilihan yang bagus untuk menambahkan lemak ke dalam resep dan juga mendapatkan kelembapan di sana," kata Dave Crofton, koki pastry, salah satu pemilik One Girl Cookies di Brooklyn dan salah satu penulis One Girl Cookies.



Seperti menukar produk susu dengan minyak, Anda harus memperhatikan jumlah cairan di dalam adonan. "Jika campuran Anda sangat encer, saya sarankan untuk mengurangi cairan lain dalam resep itu sekitar seperempat cangkir," saran pengembang resep, penata makanan dan mantan direktur makanan Ladies Home Journal, Tara Bench.

Menggabungkan produk susu dengan sayur atau buah, baik diparut atau dihaluskan bisa menjadi cara yang baik untuk mendapatkan adonan dengan konsistensi yang tepat, mengurangi sebagian lemak dan menambahkan nutrisi. "Anda memang membutuhkan lemak dalam resep untuk membantunya menyatu," lanjut Bench.

2. Buah
Purèes buah yang paling sering digunakan untuk menggantikan minyak adalah saus apel dan pisang tumbuk. Jika Anda menambahkan pure buah manis ke dalam resep, sebaiknya kurangi tambahan gula. Buah lain sebagai pengganti minyak adalah alpukat.



"Alpukat bekerja dengan baik jika Anda menginginkan sesuatu yang lebih kaya dan lembut. Sekali lagi, Anda harus berhati-hati terhadap warnanya, jadi yang terbaik adalah produk roti yang sudah memiliki warna lebih gelap," ujar Bench.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top