Lima Band Tanah Air yang Pernah Rekaman di Abbey Road Studio

Sabtu, 24 Oktober 2020 - 10:47 WIB
loading...
Lima Band Tanah Air yang Pernah Rekaman di Abbey Road Studio
Di antara banyak musisi dan band dunia yang pernah rekaman di Abbey Road Studio, terdapat juga sejumlah band Tanah Air yang juga sempat mencicipinya. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Nama studio rekaman Abbey Road Studio yang terletak di St John's Wood, Westminster, Inggris merupakan sebuah studio rekaman legendaris. Sebagian besar musisi dunia sangat mengidamkan dan menjadi kebanggan tersendiri dapat memproduksi karya mereka di studio ini.

(Baca juga: Daftar Lengkap Nominasi Anugerah Musik Indonesia Awards 2020 )

Studio yang didirikan perusahaan rekaman EMI pada 1931 ini pernah digunakan merekam album-album musisi legendaris dunia seperti The Beatles , Rolling Stone, Cliff Richard, Pink Floyd, dan banyak lainya. Tak ayal jika studio ini menjadi studio rekaman paling terkenal di Britania Raya, bahkan dunia.

Di antara banyak musisi dan band dunia yang pernah menjalani proses rekaman di Abbey Road Studio, terdapat juga sejumlah band Tanah Air yang sempat mencicipi rekaman di studio tersebut. Dan berikut ini lima band Indonesia yang pernah mencicipi dahsyatnya Abbey Road Studio.

1. d'Masiv

Lima Band Tanah Air yang Pernah Rekaman di Abbey Road Studio


Grup band d'Masiv menandai 17 tahun perjalanan di industri musik Tanah Air dengan merilis album bertajuk Live Acoustic @Abbey Road, Inggris. Mimpi seluruh personel untuk rekaman di Abbey Road Studio akhirnya terwujud. Rian Ekky Pradipta dkk pun berhasil merekam ulang 20 lagu hits d'Masiv yang terdiri dari 10 lagu elektrik dan 10 lagu versi akustik.

Perjalanan band yang diperkuat Rian (vokal), Rama (gitar), Kiki (gitar), Ray (bass) dan Wahyu (drum) dalam menuju London dihiasi berbagai cerita unik. Mulai dari Kiki yang ditinggal rekan-rekannya karena tidak mendapatkan visa jelang keberangkatan ke London, lalu tidak tersedianya slot untuk rekaman, hingga waktu yang singkat mengharuskan mereka merekam 20 lagu tanpa mengulang. Tentunya hal itu semua menguras tenaga dan pikiran personel band asal Ciledug ini.

Gitaris Nurul Damar Ramadan atau yang akrab disapa Rama mengungkapkan bahwa d'Masiv bisa rekaman di Abbey Road tentu merupakan satu cita-cita yang cukup besar. Mereka pun memperoleh kesempatan napak tilas proses rekaman band dunia di sana seperti The Beatles, Led Zeppelin, Queen dan lainnya.

2. Maliq & D'Essentials
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1107 seconds (0.1#10.140)