Tubuh Lebih Fit di Masa Pandemi dengan Olahraga Aman

loading...
Tubuh Lebih Fit di Masa Pandemi dengan Olahraga Aman
Yoga menjadi salah satu olahraga yang dianjurkan saat pandemi Covid 19. foto/dok istimewa
A+ A-
JAKARTA - Situasi pandemi telah membuat pelaksanaan berbagai jenis kegiatan terhambat, termasuk aktivitas olahraga, padahal olahraga merupakan kebutuhan manusia yang berfungsi untuk memelihara tubuh agar tetap sehat dan bugar, terlebih di era pandemi covid-19, olahraga bisa menjadi sarana untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Karena manfaatnya yang besar bagi tubuh, maka sebaiknya semua orang memang tetap harus berolahraga dalam situasi ini, namun tentu saja, aktivitas ini harus dibarengi dengan sejumlah prosedur sehingga tubuh tetap aman dari serangan virus.

Baca juga :Rekor Duel Olahraga Epik Terlama Nan Melelahkan

Salah satu syarat yang harus diperhatikan saat berolahraga adalah protokoler kesehatan seperti kewajiban pemakaian masker pada saat berolahraga dan ketaatan mencuci tangan dengan sabun.



Sementara itu jenis olahraga yang disarankan WHO adalah olahraga berjenis ringan hingga sedang. Sebaliknya, olahraga berat tidak disarankan karena khawatir bisa menurunkan stamina seseorang. Selain itu, aktivitas olahraga juga harus tetap memperhatikan kategori usia, terlebih di usia yang sudah menginjak angka kepala 4, perlu ada perencanaan yang pas terkait dengan jenis olahraga dan intensitas seperti apa yang tepat untuk dilakukan.

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, Dr Andi Kurniawan, Sp.Ko mengatakan dengan adanya Pandemi, beberapa event olahraga di tunda dan memberikan kerugian tidak hanya bagi Atlet tetapi juga untuk non atlet seperti risiko latihan terganggu, banyak generasi rebahan, sosial interaksi berkurang, hingga tubuhjadi gemuk.

”Saat ini banyak yang mengatakan bahwa kesehatan jauh lebih penting, latihan atau olahraga jadi bagian yang esensial, tidak hanya di Indonesia tetapi di seluruh dunia. Ada Hubungan antara olahraga dan imunitas, dimana kurang gerak bisa berisiko tinggi terkena virus sementara intensitas olahraga yang cukup itu akan menaikkan imunitas,” papar Dr Andi dalam Webinar yang disiarkan langsung Youtube Sindonews, beberapa waktu lalu.



Baca juga :Ingin Turunkan Berat Badan, Ikuti Diet Sehat Ini!
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top