Gulai Tulang Ayam dan Terong, Rasanya Bikin Ketagihan

loading...
Gulai Tulang Ayam dan Terong, Rasanya Bikin Ketagihan
Tidak hanya daging, bagian ayam seperti kaki ayam atau ceker pun dapat diolah menjadi berbagai hidangan nikmat dan menggugah selera. Anda pun bisa membuatnya. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Ayam merupakan bahan makananyang mudah diolah. Tidak hanya daging, bagian ayam lainnya seperti kaki ayam atau ceker, kulit, jeroan hingga tulangan juga dapat diolah menjadi berbagai hidangan nikmat dan menggugah selera.

Dengan sedikit kreasi, Anda dapat menyulap tulang ayam menjadi gulai tulang ayam dan terong, misalnya. (Baca juga: Iga Bakar Madu Bisa Jadi Menu Spesial saat Menikmati Libur Panjang)

Masakan ini pun cocok menjadi alternatif bagi Anda yang bosan makan ayam itu-itu saja dan akan mengurangi limbah dapur sekaligus ekonomis mengurangi biaya belanja karena telah memanfaatkan hampir seluruh bagian tanpa sisa dari bahan tersebut. Penasaran rasanya seperti apa? Berikut resep membuat gulai tulang ayam dan terong dikutip dari Cookpad.

Bahan-bahan:
Tulang ayam bisa ceker atau leher,
1 biji terong
500 ml santan sedang
1/2 sdt garam
1/4 sdt gula
1/4 sdt kaldu jamur

Bumbu halus:
7 siung bawang merah
4 siung bawang putih
2 cabai merah, buang biji
1 cm kunyit
1 cm jahe
3 butir kemiri
1 sdt ketumbar bubuk



Bumbu cemplung:
1 batang serai, memarkan
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk, sobek-sobek
1 cm lengkuas, memarkan

Cara membuat:
Siapkan tulangan ayam yang sudah dibersihkan. Kupas terong kemudian potong terong. Kerat-kerat dagingnya. (Baca juga: Personel EXO Antar Chen Daftar Wajib Militer)

Tumis bumbu halus hingga wangi dan matang. Masukan bumbu cemplung, tulang ayam dan aduk rata. Tambahkan santan, masak hingga tulang ayam kaku kemudian masukan terong.

Beri garam, gula, kaldu jamur lanjutkan masak hingga tulang ayam dan terong matang. Koreksi rasa, matikan kompor. Gulai tulangan ayam dan terong siap disajikan.
(tdy)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top