Kiat Sukses Bikin Podcast ala Podkesmas

Selasa, 27 Oktober 2020 - 23:45 WIB
loading...
Kiat Sukses Bikin Podcast ala Podkesmas
Di setiap episode Podkesmas didengarkan atau di-stream sebanyak 10.000 kali setiap hari. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Podcast Kesehatan Masyarakat (Podkesmas) merayakan satu tahun perjalanan usia mereka dengan menancapkan bendera sebagai podcast terpopuler di Indonesia. Podcast yang dipandu oleh nama-nama yang tak asing di dunia hiburan Tanah Air seperti Imam Darto, Ananda Omesh, Surya Insomnia, dan Angga Nggok ini membagikan tips atau kiat sukses bagi para podcaster pemula yang ingin membuat podcast.

Podkesmas bisa dikatakan fenomenal dalam dunia podcast di Indonesia. Di setiap episode Podkesmas didengarkan atau di-stream sebanyak 10.000 kali setiap hari. Podcast diprediksi akan semakin digemari 5-10 tahun mendatang sehingga membuka ruang bagi para podcaster muda.

( )

Berikut kiat sukses membuat podcast ala Podkesmas?

1. Fun dan Konsistensi dalam Berbagai Bentuk
Keempat podcaster asal Jakarta ini mengatakan, kunci utama yang harus diperhatikan dalam membuat podcast adalah konsistensi.

"Tipsnya ada empat yaitu konsisten, konsisten, konsisten, dan konsisten. Konsisten pertama, kreatif mau bikin apa lagi. Harus konsisten buat sesuatu yang baru," kata Surya Insomnia dalam jumpa pers virtual perayaan satu tahun Podkesmas, belum lama ini.



2. Konsisten dengan Tema yang Dibahas
Angga Nggok menambahkan, podcaster juga harus konsisten dengan tema yang dibahas dalam podcast yang dibuat. Dia mencontohkan, apabila ingin membuat podcast bertema olahraga, maka harus konsisten dengan benang merah olahraga tersebut.

“Ketika membuat konten Podcast, kita harus konsisten dengan tema yang dibahas dan ada beberapa tema yang menarik seperti horor, komedi, kisah percintaan, dan lifestyle,” ucapnya.

3. Konsisten Menyapa Pendengar dengan Jadwal Tetap
Menurut Imam Darto, salah satu kunci keberhasilan Podkesmas adalah konsisten menyapa pendengar dengan konten yang dibuat secara terjadwal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2243 seconds (0.1#10.140)