Agar Gula Darah tak Naik saat Liburan, Diabetesi Ikuti Tips ini!

Jum'at, 30 Oktober 2020 - 16:35 WIB
loading...
Agar Gula Darah tak Naik saat Liburan, Diabetesi Ikuti Tips ini!
Penderita diabetes (diabetesi) sebaiknya tetap mengontrol makan dan gaya hidup selama liburan. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Liburan identik dengan makanan baik itu dirumah, makan malam keluar bersama keluarga, dan pesta makanan atau minuman lainnya. Tetapi menikmati semua makanan dan camilan saat liburan tentu menjadi hal yang sulit dilakukan bagi para penderita diabetes (diabetesi).

Sebagai penderita diabetes, mencoba untuk bersantai dan berlibur, sambil menjaga gula darah tetap terkendali, bukanlah hal yang mudah. Dengan diabetes, penting untuk memikirkan kesehatan jangka panjang untuk menjaga gula darah Anda.

Berikut adalah tips liburan yang sehat untuk penderita diabetes seperti dilansir Boldsky :

Baca juga : Waspada! Ini Tanda dan Gejala Diabetes pada Wanita Usia di Atas 40

1. Tetap Ukur Konsumsi Karbohidrat

Kenali tubuh Anda dan bagaimana makanan tertentu dapat memengaruhi gula darah Anda. Ubi jalar, nasi merah, dan smoothie buah adalah makanan pokok yang harus ada sehari-hari.

2. Jaga Rutinitas

Jangan melewatkan waktu makan!karena dapat meningkatkan peluang Anda untuk makan berlebihan nantinya. Sangat penting untuk mengatur asupan karbohidrat Anda sepanjang hari, dan hindari makan terlalu banyak karbohidrat dalam sekali makan.

Baca juga : Hati-Hati! Gatal Terus Menerus di Kunci Paha Salah Satu Gejala Diabetes

3. Cek Darah Secara Rutin

Dengan Interval tiga jam, sebelum makan atau sebelum dan sesudah olahraga, sebaiknya anda rutin cek darah anda. Jika Anda akan minum atau makan sebaiknya hindari yang terlalu banyak kandungan alkohol karena dapat menyebabkan gula darah rendah.

4. Jangan Asal Makan

Persiapan adalah kunci sukses saat liburan. Jika Anda makan bersama keluarga atau diundang makan besar okeh teman-teman Anda, sebaiknya tanyakan kepada mereka makanan apa yang akan disajikan agar Anda bisa mengetahui kandungan karbohidratnya terlebih dahulu.

5. Berbaik Hati pada Diri Sendiri

Ini adalah langkah terpenting dari semuanya, bersikaplah lembut terhadap diri sendiri dan ingatlah bahwa melakukan yang terbaik adalah yang dapat Anda lakukan dari diri sendiri.
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1213 seconds (0.1#10.140)